Gubernur: DPR RI Dorong 30 DOB di Papua | Pasific Pos.com

| 21 August, 2019 |

Gubernur: DPR RI Dorong 30 DOB di Papua

Headline Penulis  Kamis, 31 Maret 2016 13:46 font size decrease font size increase font size 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

Gubernur Papua, Lukas Enembe,SIP.MH

 

JAYAPURA,-  DPR RI sedang mendorong keinginan pemekaran 30 Daerah Otonom Baru (DOB) di Papua sebagaimana yang telah diusulkan ke pemerintah melalui Mendagri.

Namun, untuk persiapan DOB harus melalui persiapan undang-undang yang berlaku. “Sesuai dengan penjelasan dari Menteri Dalam Negeri ada sekitar 100 DOB, untuk Papua sekitar 30 yang sementara dalam proses,” ucapnya dalam arahannya pada Rapat Kerja Daerah Provinsin Papua di Sasana Krida kantor Gubernur, Rabu (30/3) kemarin.
Hanya saja, sampai perjuangan DOB ini masih tertunda, karena harus disesuaikan dengan undang-undang DOB. Teman-teman di DPR Pusat sudah mendorong,” jelasnya.
Gubernur mengaku, dampak negatif dari DOB  harus dipikirkan dampaknya. Terutama dalam melakukan proteksi terhadap orang asli Papua, selama ini tidak lakukan itu.
Sebelumnya, anggota Komisi I DPR RI Yorrys Raweyai mengaku, 30 daerah otonom baru (DOB) yang akan diprioritaskan untuk dibahas lebih lanjut dan dimekarkan dari 70 usulan kabupaten/kota dan tujuh provinsi di Papua dan Papua Barat yang masuk di DPR RI.
"Jadi dari 70 daerah kabupaten/kota dan tujuh provinsi yang minta dimekarkan atau menjadi DOB di Papua dan Papua Barat, hanya 30 daerah saja yang menjadi prioritas utama untuk dibahas lebih lanjut dan dimekarkan oleh Pemerintah Pusat," kata mantan anggota Komisi I DPR RI Yorrys Raweyai saat berada Jayapura, belum lama ini.
Ketika disinggung soal usulan pemekaran Kabupaten Grime Nawa dari Kabupaten induk Kabupaten Jayapura, Yorrys sampaikan bahwa di dalam 30 daerah yang diprioritaskan nama daerah Grime Nawa ada didalamnya.
"Nah prioritas dari 30, salah satunya Grime Nawa ini. Sekarang tinggal bagaimana kita dorong terus di DPR sana, kemudian pemerintah yang harus lebih aktif terkait ini hal. Tapi, yang pasti Grime Nawa sudah menjadi bagian dari 30 yang akan diprioritaskan," katanya menegaskan.
"Seperti anda tahu, semua pemilihan kepala daerah akan serentak dilakukan pada 2014 bersamaan Pemilu itu, agar supaya kita fokus kepada Pemilu. Jadi jika mungkin diimplementasikan setelah Pemilu nanti," katanya. (Bams)

Dibaca 563 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.