BTM: PROGRAM YANG BAIK DILANJUTKAN, YANG KURANG DIBENAHI | Pasific Pos.com

| 24 July, 2019 |

BTM: PROGRAM YANG BAIK DILANJUTKAN, YANG KURANG DIBENAHI

Headline Penulis  Senin, 09 Maret 2015 17:14 font size decrease font size increase font size 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

Walikota Jayapura DR. Benhur Tomi Mano.

Jayapura,- Upacara hari ulang tahun Kota Jayapura ke-105 yang dilaksanakan di Kampung Nafri berlangsung meriah,Sabtu (7/3).
Walikota Jayapura DR. Benhur Tomi Mano, mengatakan sejak kepemimpinan dirinya bersama Wakil Walikota Nur Alam yang dilantik 21 Juli tahun 2011 lalui, dirinya telah berkomitmen untuk mewujudkan visi Kota Jayapura yaknni terwujudnya kota jayapura yang beriman, bersatu, sejahtera, mandiri, moderen, berbasis kearifan lokal.
"Dari sinilah dimasukan kedalam misi yang kita tetapkan dalam rencana pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kota Jayapura Tahun 2011-2016 diberbagai bidang pembangunan, sebagai jawaban kita untuk mewujudkan visi Kota Jayapura kedepan, visi dan misi tersebut telah kita tetapkan sebagai bentuk komitmen jajaran Pemeritah Kota Jayapura dan masyarakat,’’ ujar Walikota.
Ditambahkan, meski masih ada beberapa sektor yang belum dituntaskan, namun dirinya meyakini dan terus bekerja agar semuanya dapat menikmati pembangunan yang sedang dijalankan.
Menurutnya, keberhasilan-keberhasilan sudah dirajut yakni adanya peningkatan dan perbaikan kwalitas hidup beragama, serta penataan manajemen birokrasi pemerintahan yang semakin baik dan pembinaan aparatur yang semakin profesional, disamping itu berbagai keberhasilan pada sektor bidang lainpun telah diraih.
Diantaranya bidang penyelenggaraan keuangan daerah dimasa kepemimpinan BTM -Alam dimana sejak tahun 2011, 2012 dan 2013 berdasarkan hasil BPK RI atas Laporan Keuangan Daerah dalam pelaksanaan APBD tahun anggaran 2011 hingga 2013 Kota Jayapura memperoleh predikat Opini Wajar Dengan Pengecualian (WDP) dan pada tahun 2014 lalu meningkat menjadi Opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP).
Sementara untuk bidang pendidikan pihaknya terus meningkatkan profesionalisme dan komptensi guru dalam rangka peningkatan kwalifikasi akademik, kerja sama dengan uncen.
Lebih lanjut, Walikota yang biasa disapa BTM mengatakan terobosan baru yang dilakukan adaalh melaksanakan ujian akhir semester secara on line (lokal) khusus SMA,SMK sebagai pilot project.
Pada tahun 2015 ini kita akan melaksanakan pendaftaran murid baru dengan sistim on line, pemerintah juga telah melaunching website dinas pendidikan kota jayapura, dengan maksud agar orang tua dapat memantau anaknya dalam proses belajar, serta mengetahui informasi nilai siswa dan memantau kehadirannya, media ini juga bertujuan mengakses informasi dan perkembangan pendidikan di Kota Jayapura sebagai sarana untuk mewujudkan transparansi dan akutabilitas publik, serta program penataan lingkungan adwiyata, juga program pemberian makanan tambahan menjadi perhatian pemerintah.
Ditambahkan BTM, untuk dibidang kesehatan pada tahun 2013 dan 2014 pemerintah Kota Jayapura bekerja sama dengan RSUD Dok 2 Jayapura dan RSUD Abepura menempatkan dokter spesialis secara bergilir melayani 12 puskesmas, serta untuk mendukung kinerja puskesmas pemerintah menyerahkan alat kesehatan suction set dan USG dan menetapkan pelayanan menjadi 24 jam.
Tak hanya itu, katanya,  Pemerintah Kota Jayapura juga berusaha menekan angka kematian ibu melahirkan menjadi 24,8 persen dan angka kematian bayi menjadi 26,6 persen serta menaiakn usia harapann hiddup menjadi 67,88 persen.
Menurutnya Angka tersebut terus meningkat seiring dengan peningkatan derajat kesehatan masyarakat Kota Jayapura, menurukan kasus demam berdarah secara signifikan, beberapa penyait berbasis lingkungan ikut menurun drastis disebabkan tingginya kesadaran masyarakat untuk memelihara lingkungan serta pembangunan puskesmas tuano yang merupakan puskesmas percontohan tepatnya diwilayah entrop.
Dibidang infrastruktur sejak kepemimpinan BTM-Alam Pemerintah Kota Jayapura telah membangun rumah layak huni di 14 kampung mencapai 100 unit rumah, serta pemasangan air bersih dan LPJU, dan ditahun 2015 ini akan dibangu 46 unit rumah sederhana tersebar di 14 kampung dan 1 keluarahan.
"Program ini akan terus ditingkatkan sehingga seluruh kepala keluarga yang berada dikampung kampung memiliki rumah layak huni,pemerintah kota jayapura telah menitipkan dana sebesar 2 milyar sebagai dana shering diperusahaan daerah air minum untuk penyambungan 107 pipa air bersih bagi masyarakat dan kini telah disambung gratis bagi 175 warga tidak mampu,’’ ujarnya.
Ditambahkan BTM program listrik masuk kampung terus didorong bekerja sama dengan PLN agar skouw sae, skouw mabo dan skouw yambe serta kampung moso dapat menikmati aliran listrik.
"Pemerintah juga memberi menyediakan fasilitas berupa MCK, jalan-jalan lingkungan diwilayah perbatasan, wilayah ini perlu mendapat perhatian karena merupakan garda terdepan NKRI dan kawasan pasifik, dan pada tahun ini juga kita persiapkan lokasi untuk pembangunan terminal tipe A di entrop dan terminal tipe B dibatas Kota Waena,’’tukasnya.
Sementara itu dibidang pemberdayaan ekonomi kerakyatan pemerintah terus mendorong dan mendukung UKM dan yang memilliki modal kecil yaitu mama mama penjual pinang,sayur,roti,ikan asar dan pemberdayaan mama dikampung dan masyarakat kampung dengan melaksanakan sejumlah pelatihan dan ketrampilan agar dapat berusaha.
"Untuk itu mereka diberi bantuan dana stimulan untuk dapat berusaha dan berkembang,’’ ungkap BTM
BTM mengakui dibalik semua capaian pembangunan dan hasil yang diraih, masih banyak yang belum dikerjakan dan masih banyak harapan rakyat yang belum dipenuhi, untuk itu disisa tahun kerja pihaknya akan terus membenahi hal hal yang kurang.
"Yang kurang akan dibenahi lagi, dan yang baik akan kita tingkatkan lagi ,dan fokus kita bagaimana kita bisa melakukan pelayanan yang terbaik kepada masyarakat disemua bidang yaitu pendidikan,kesehatan,dan juga bidang pemberdayaan ekonomi rakyat,infra struktur dan tata kelola pemerintahan yang bersih dan pelayanan yang terbaik di 12 puskesmas ungkapnya"
Pada kesempatan tersebut Walikota Jayapura Dr Benhur Tomi Mano menyerahkan bantuan secara simbolis kepada masyarakat yang membutuhkannya. (Erna)

Dibaca 475 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.