3 Karyawan PT Modern Tewas Ditembak OTK | Pasific Pos.com

| 20 July, 2019 |

3 Karyawan PT Modern Tewas Ditembak OTK

Headline Penulis  Rabu, 16 Maret 2016 12:45 font size decrease font size increase font size 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)
Karyawan PT Modern Korban Penembakan di Puncak
Karyawan PT Modern Korban Penembakan di Puncak

 

“1 Orang Kritis”

Jayapura,-  Tiga karyawan PT Modern tewas mengenaskan,  ditembak orang tak dikenal (OTK) di desa Agenggen distrik Sinak,  kabupaten Puncak.

Info yang didapat Pasific Pos siang kemarin sekitar pukul 14.00 WIT terjadi pembakaran satu unit excavator dan satu unit buldoser milik PT Modern yang sedang mengerjakan proyek jalan Sinak kabupaten Puncak ke Mulia kabupaten  Puncak Jaya.



Karyawan PT Modern Korban Penembakan di Puncak
Karyawan PT Modern Korban Penembakan di Puncak

 

Lokasi Desa Agenggen cukup jauh dari Distrik Sinak. Sebelum pasukan yang akan melakukan evakuasi korban  berangkat, sempat terdengar dua kali letusan senjata dari arah Desa Agenggen.
17 orang personil  gabungan dari TNI dan Brimob berangkat ke lokasi untuk mengevakuasi korban.
Adapun tiga orang karyawan PT Modern meninggal , Anis (Pimpinan Proyek di Sinak), Andi (Operator Dozer), dan  David (Operator Excavator) sementara korban kritis atas nama Daud (Helper Dozer).
Kapendam XVII/Cendrawasih Kol. Inf Teguh Pudji yang dikonfirmasi by phone terkait pengamanan oleh pihak TNI dalam hal ini Kodam mengatakan bahwa PT Modern tidak memintan bantuan pengamanan terhadap personil.



Karyawan PT Modern Korban Penembakan di Puncak
Karyawan PT Modern Korban Penembakan di Puncak

 

"Itu dari PT. Modern yang  buat jalan Sinak-Agandugume. Bukan yang kemarin Sinak-Mulia. Kalau pembuatan jalan Sinak-Mulia diback up langsung. Sedangkan yang  baru ini, mereka tidak koordinasi dengan TNI dalam pembuatan jalan tersebut  sehingga tidak  tercover dengan jumlah pers yang ada," jawabnya melalui WA
Sementara itu, Kapolda Papua, Inspektur Jenderal Paulus Waterpauw membenarkan adanya aksi penembakan terhadap karyawan PT. Modern di Distrik Sinak, Kabupaten Puncak.
Peristiwa ini, kata Kapolda, ketika pegawai PT. Modern tengah bekerja pembangunan jalan Distrik Sinak menuju ke Distrik Mulia. Mereka kemudian didatangi sekelompok masyarakat dan kemudian mengalami penganiayaan.

Karyawan PT Modern Korban Penembakan di Puncak
Karyawan PT Modern Korban Penembakan di Puncak

 

Pasca peristiwa, sekitar 40 orang Tim gabungan TNI Polri yang dipimpin Kapolsek Sinak dan Danramil Sinak telah berada di lokasi kejadian. Hanya saja, Kapolda mengaku komunikasi terkendala signal.  “Karena terkenda signal, menurut Kapolres yang berkomunikasi dengan tim dilokasi kejadian,” kata dia.
Kapolda pun mengungkapkan bahwa sebelum kejadian, pihaknya mendapat informasi kelompok KKB yang dikomandoi Kalenak Murib melintas di bukit Distrik Sinak dengan jumlah anggota yang cukup banyak. “Apakah mereka pelakunya, nanti kita lihat hasil olah TKP dari para tim yang ada di lapangan,” ujarnya.
 Saat ini, Jenderal Bintang Dua ini menambahkan,  para korban disemayamkan di Lapangan Terbang Sinak.  “Rencananya hari ini (red,) akan di evakuasi, apakah lewat Jayapura atau Timika, nanti kita lihat,” imbuhnya. (Fani/Syaiful)

Dibaca 1614 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.