Kasasi Ditolak , Mantan Dirut PD Irian Bhakti Segera Dieksekusi | Pasific Pos.com

| 22 July, 2019 |

Kasasi Ditolak , Mantan Dirut PD Irian Bhakti Segera Dieksekusi

Headline Penulis  Jumat, 06 Maret 2015 14:27 font size decrease font size increase font size 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

JAYAPURA- Mantan Direktur Utama (Dirut) Perusahaan Daerah Irian Bhakti (PD IB) Mathias Sarwa, SE, MM segera dieksekusi pihak Kejaksaan Negeri Jayapura terkait kasus korupsi milyaran rupiah di perusahaan yang dipimpinnya  tersebut pada tahun  2010. Dalam eksekusi yang akan dilakukan JPU tersebut, Mathias  Sarwa akan menjalani pidana penjara selama 5 tahun.
Segera dieksekusinya hukuman pidana yang akan dijalankan terpidana Mathias Sarwa tersebut, menyusul kasasi yang diajukan pihak terpidana ke Mahkamah Kontitusi (MK)  atas putusan Pengadilan Tipikor Jayapura yang menjatuhkan vonis pidana penjara 5 tahun di tolak oleh MK. Sebelum  Mathias Sarwa melakukan kasasi ke MK, yang bersangkutan telah melakukan upaya banding ke pengadilan tinggi Jayapura.
Namun, upaya banding yang dilakukannya itu juga ditolak. Dengan telah turunnya putusan MA tersebut, maka putusan pidana penjara 5 tahun terhadap terpidana Mathias Sarwa sudah memiliki kekuatan hukum tetap atau inkrah.
Panitera Pidana Pengadilan Negeri Kelas IA Jayapura Pieter Usmany, SH saat ditemui membenarkan telah turunnya putusan MA atas kasasi mantan Dirut PD. Irian Bhakti tersebut. Menurut Pieter Usmany, sebenarnya putusan MA atas kasasi Mathias Sarwa sudah turun pada 2013 lalu, namun pihaknya baru menerima salinan putusan tersebut pada tanggal 2 Maret.
Setelah pihaknya menerima putusan kasasi MA tersebut ujar Pieter, pada tanggal 4 Maret, pihaknya sudah menyerahkan salinan putusan kasasi untuk kepentingan eksekusi kepada pihak Kejaksaan Negeri  Jayapura yang diterima oleh JPU Jhon Rayer, SH.
“ Yang  jelas salinan  putusan kasasi dari MA sudah kami serahkan ke pihak JPU untuk kepentingan eksekusi. Soal kapan pihak JPU akan mengeksekusi yang bersangkutan ke pihak lembaga pemasyarakatan (Lapas) Abepura itu sepenuhnya menjadi tugas JPU,”ucapnya. (And)

Dibaca 1822 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.