Freeport Siap Suplay Konsentrat ke Smelter Milik Pemprov | Pasific Pos.com

| 24 May, 2019 |

Freeport Siap Suplay Konsentrat ke Smelter Milik Pemprov

Headline Penulis  Jumat, 06 Maret 2015 14:24 font size decrease font size increase font size 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

Jayapura,- PT Freeport Indonesia siap mensuplay konsentrat ke smelter yang akan dibangun  oleh Pemerintah Provinsi Papua di Kabupaten Mimika.
Presiden Direktur PT Freeport Indonesia Maroef Syamsuddin kepada wartawan disela-sela penandatangan MoU dengan Persipura Jayapura, Rabu malam di Taman Imbi Jayapura, mengatakan bahwa hasil pertemuan dengan Menteri Energi dan Sumber Daya Alam, Gubernur Papua, Ketua MRP, Ketua DPR dan Bupati Mimika, pemerintintah Provinsi Papua nyatakan kesanggupannya untuk membangun smelter di Kabupaten Mimika, dengan anggaran yang akan diupayakan oleh Pemda Papua sendiri.
Oleh karena itu, PT Freeport Indonesia akan melakukan kerja sama dalam bentuk bisnis to bisnis secara transparan dan akuntabel.
Dengan demikian, PT Freeport siap menyuplai konsentrat ke smelter milik Pemda Papua, jika smelter sudah siap untuk beroperasi. Katanya.
Disinggung soal tak ada keinginan Freeport membangun smelter di Papua, sehingga Pemda Papua membangun sendiri, dengan tegas Maoref menegaskan bahwa bukan Freeport tidak mau membangun. Tetapi, saat pemerintah meminta komitmen dari Freeport, kita sendiri belum menemukan tempat yang cocok di Papua.
Dan harus dingat, kata Maoref, kita membangun smelter harus mempertimbangan infrastruktur pendukung lainnya. Oleh karena itu, kita mengambil lokasi pembangunan smelter di Gresik, Jawa Timur.
Mantan Wakil Kepala Badan Intelijen Negara itu, kembali menegaskan, jika Freeport sudah punya smelter di Gresik sejak tahun 1997, dengan kapasitas olah permunian sebanyak 1 ton konsentrat. Dan kita rencana untuk melakukan pengembangan di gresik dengan kapasita bisa mencapai 2 ton. (Bams)

Dibaca 261 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.