DKPP Sidangkan Pelanggaran Kode Etik 3 KPU | Pasific Pos.com

| 27 May, 2019 |

DKPP Sidangkan Pelanggaran Kode Etik 3 KPU

Headline Penulis  Kamis, 10 Maret 2016 10:48 font size decrease font size increase font size 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

Komisioner KPU Papua Tarwinto

 

JAYAPURA,- Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu (DKPP) Selasa (8/3), menyidangkan pengaduan dugaan pelanggaran kode etik Tiga penyelenggara yaitu Komisi Pemilihan Umum Kabupaten Intan Jaya, Tolikara dan Asmat.

Sidang dilaksanakan di Aula Kantor Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan didampingi Tim dari DKPP dipimpin langsung oleh Prof. Dr. Anna Erliyana, SH Pemeriksa Daerah (TPD), Bawaslu dan Tokoh Masyarakat.
Komisioner KPU Papua Tarwinto selaku Anggota TPD, yang dikonfirmasi, kemarin mengatakan, untuk KPU Kabupaten Intan Jaya dan Tolikara, DKPP menyidangkan mengenai dugaan pelanggaran kode saat penyelenggaraan Pemilu Legislatif 2014.
Sedangkan materi persidangan untuk KPU Asmat, mengenai aduan pelanggaran kode etik pada Pilkada 9 Desember 2015 lalu. “Ternyata masih ada sisa persoalan yang belum terselesaikan pada Pileg 2014 lalu yang disidang.
Sehingga sidang untuk KPU Intan Jaya saya lihat materi aduannya sama degan Tolikara. Namun untuk Asmat mengenai proses Pilkada 2015 kemarin dimana pengadunya menganggap KPU tidak netral dan berpihak kepada salah satu pasangan calon,” jelas dia.
Pada kesempatan itu, Tarwinto berharap putusan DKPP dapat turun secepatnya. Sementara mengenai keputusan terbukti atau tidaknya aduan tersebut, diserahkan sepenuhnya kepada  DKPP.
“Intinya kita sudah anggap Pilkada 2015 berjalan aman lancar. Tetapi kalau sampai keputusan DKPP yang menyatakan ada tindakan melanggar kode etik, itu semua kita serahkan kepada DKPP sebagai lembaga berwenang untuk memutuskannya,”  ucap dia. (Bams)

Dibaca 560 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.