Gubernur Target Venue PON XX Papua Selesai 2019 | Pasific Pos.com

| 24 May, 2019 |

Gubernur Target Venue PON XX Papua Selesai 2019

Headline Penulis  Selasa, 08 Maret 2016 11:13 font size decrease font size increase font size 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

Gubernur Papua Lukas Enembe, SIP.MH didampingi Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak RI, Yohana Yembise dan Forkompinda Papua saat dalam kegiatan penyataan dimulainya pembangunan Venue PON Papua, Senin kemarin.
 

JAYAPURA,- Gubernur Papua Lukas Enembe, SIP,MH, menyampaikan pembangunan venue PON XX Papua ditargetkan selesai awal 2019. Sehingga sebelum perhelatan PON bisa dilakukan uji coba stadion.

“Hari ini, merupakan langkah pertama dimulainya pembangunan sarana prasarana untuk kepentingan PON  XX tahun 2020. Kalau  kita hitung waktunya sangat singkat makanya akan diperkirakan selesai 2019,” kata Gubernur dalam kegiatan penyataan pembangunan venue stadion Utama PON Papua di Kampung Harapan, Sentani, Kabupaten Jayapura, Senin kemarin.
Gubernur juga meminta pemerintah Kabupaten yang daerahnya menjadi lokasi pembangunan venue agar bisa bekerjasama dengan panitia besar PON. Dikatakan, peletakan batu pertama pembangunan stadion telah dilakukan oleh Presiden Joko Widodo dalam kunjungan kerjanya pada awal Mei 2015 lalu.
“Ini pekerjaan sudah di depan mata, oleh karena itu kita semua kerja sama dengan baik menyelesaikannya. Lahan  akan dibangun di kab/ kota. Karena kabupaten Jayapura menjadi tuan rumah sehingga fasilitas akan dibangun di dua kabupaten ini. Saya harap partisipasi dua kabupaten ini bekerja sama dengan panitia besar PON, sehingga 2019 semua fasilitas sudah selesai,”pinta Gubernur.
Baik tahap perencanaan yakni menyangkut lahan secara menyeluruh, dari segi Amdal juga. Dimana, kata Gubernur, ini semua telah masuk dalam RPJMD baik Provinsi Papua maupun Kota kabupaten yang termasuk dalam 5 cluster/wilayah. “Kita pemerintah tidak langsung membangun tapi lihat dari berbagai aspek,”akunya.
Gubernur berharap Stadion Utama Kampung Harapan ini nantinya akan menjadi tempat pembukaan maupun penutupan acara PON XX tahun 2020.  “Kita mengharapkan dukungan seluruh masyarakat Papua terutama yang tinggal di kawasan kampung harapan Sentani. Jadi tuan ruman bisa dapat seperti ini mungkin 100 tahun baru bisa
Ini kesempatan luar biasa. Tuhan ikut turun dalam perjuangan. Ini  menunjukkan harkat martabat masyarakat Papua terangkat, anak Papua banyak berkontribusi angkat bendera merah putih dalam pertandingan olahraga international. Saat ini kita juga berkontribusi untuk jadi tuan rumah.
Gubernur juga berencana untuk membangun pabrik semen demi menunjang pembangunan fasilitas PON. “Kalau ada pabrik semen dibangun, nantinya akan berkontribusi untuk pembangunan PON. Sehingga tentunya pelaksanaan PON mendapat dukungan luas,” ungkapnya.  Rabu mendatang Gubernur berencana akan berangkat ke Makssar untuk membicarakan kerjasama lebih lanjut dengan PT.Bosowa terkait pembangunan pabrik semen.
Diakhir  sambutannya Gubernur mengingatkan kepada seluruh jajaran SKPD termasuk di pemerintahan kabupaten/kota agar melaksanakan programa pembangunan sesuai prosedur aturan sehingga tidak berdampak pada aspek hukum. “Semuanya harus dikerjakan sesuai aturan sehingga di kemudian hari tidak menimbulkan masalah hukum,”ujarnya mengingatkan. (Bams)

Dibaca 462 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.