Kantor Pertamina Region VIII Terbakar | Pasific Pos.com

| 24 May, 2019 |

Kantor Pertamina Region VIII Terbakar

Headline Penulis  Kamis, 03 Maret 2016 12:17 font size decrease font size increase font size 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

Tampak Api Membakar Kantor Pertamina Region VIII, Rabu (2/3) malam.

 

Pihak Pertamina Pastikan Kejadian ini Tak Hambat Aktivitas Kerja

Jayapura,- Kantor PT. Pertamina Region VIII Maluku – Papua yang beralamat di Jalan Nimborang, Dok VII, Kelurahan Mandala, Distrik Jayapura Utara, Rabu (2/3) malam, terbakar. Seorang petugas dilaporkan terluka akibat terkena pecahan kaca.

Dari pantauan Pasific pos dilokasi kejadian, kebakaran yang melanda obyek vital ini terjadi sekitar pukul 19.00 WIT. Api diduga berasal dari ruang arsip yang berada di lantai 4 gedung Pertamina,  yang kemudian merembet ke ruang sebelahnya.
Kebakaran itu menyebabkan kepanikan masyarakat yang tinggal diareal Pertamina. Kepanikan itu dikarenakan, masyarakat khawatir api merembet ke kilang minyak milik Pertamina yang berada dibelakang Kantor.
Bahkan, masyarakat memilih menyiapkan barang-barang rumah tangga dan dokumen penting untuk mengantisipasi, apabila kebakaran meluas. Tak sedikit pula, masyarakat yang ingin menyaksikan lebih dekat proses kebakaran tersebut.
Disisi lain, petugas TNI/Polri tampak sibuk mengamankan lokasi kebakaran serta membantu memadamkan api dengan mengerahkan 2 mobil Water Canon Polda Papua. Enam mobil pemadam kebakaran pun diturunkan untuk memadamkan api dibantu belasan mobil tangki air bersih untuk menyupai air.
Untuk mempermudah arus mobil pemadam kebakaran, aparat kepolisian menutup jalan kearah Dok VII dari depan Gereja Rehobot, Mandala. Demikian pula arus depan Mapolsek Jayapura Utara pun ditutup.
Berdasarkan perhitungan media ini, api baru berhasil dipadamkan sekitar pukul. 21.00 WIT. Meski demikian, sejumlah mobil pemadam dan tangki air bersih disiagakan di areal Kantor Pertamina, guna mengantisipasi munculnya titik api susulan.
Jayapura Kota, AKBP Jermias Rontini saat ditemui di lokasi kejadian menduga titik api berasal dari lantai 4 Kantor Pertamina. Namun pihaknya belum bisa memastikan pemicu titik api kebakaran tersebut.  “Kebakaran terjadi pukul 19.00 WIT,” kata Jermias Rontini, Rabu (2/3).
Rontini, pihaknya bersama Pemerintah Kota telah melakukan kesepatan tidak tertulis apabila terjadi kebakaran. Dalam kesepakatan itu, kendali penanganan kebakaran ada pada kepolisian. “Tadi kita telah hubungi Polda dan Pemadam di APO, Japsel, kemudian Abepura,” jelas Rontini.
Rontini menegaskan, pihaknya akan berupaya mewujudkan kesepakatan itu dalam sebuah MoU, untuk penanganan terpadu menangani peristiwa kebakaran. Sedangkan untuk olah TKP, sambung Rontini, baru akan dilakukan Kamis (3/3) hari ini, bersama dengan petugas Laboratorium Forensik Makasar.
Mengenai korban luka dalam kebakaran, Rontini mengaku belum mengetahui secara pasti korban luka tersebut. “Tadi saya sudah laporkan ke bapak Kapolda, dan beliau perintahkan besok undang Labfor Makasar,” tegasnya.
Sementara itu, Juru Bicara Pertamina Region VIII Maluku-Papua Taufikurachman mengatakan, pihaknya belum dapat memperkirakan total kerugian materil dalam kejadian ini. Pihak Pertamina, saat ini telah menyerahkan penyelidikan kebakaran kepada pihak kepolisian.
 “Di lantai empat, terdapat sejumlah ruangan untuk administrasi dan sebuah aula. Kebakaran menghanguskan peralatan dan dokumen. Terkait penyebab kebakaran, kami masih menantikan hasil penyelidikan dari pihak kepolisian,” katanya kepada wartawan, Rabu malam.
Taufikurachman pun memastikan, kebakaran tersebut tidak menghambat aktivitas kerja pegawai Pertamina. “Aktivitas tetap jalan, karena yang terbakar itu dilantai 4 dan nanti para pegawai dipindahkan ke lantai 3,” terang dia. (Syaiful)

Dibaca 603 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.