DPRP Tantang Freeport Ukir Sejarah di Papua | Pasific Pos.com

| 19 May, 2019 |

DPRP Tantang Freeport Ukir Sejarah di Papua

Headline Penulis  Jumat, 26 Februari 2016 16:53 font size decrease font size increase font size 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

Ketua DPR Papua, Yunus Wonda

 

Jayapura,- Ketua DPR Papua, Yunus Wonda menantang PT.Freeport Indonesia untuk mengukir sejarah baru di Freeport, terkait permintaan masyarakat Papua agar jabatan Presiden Direktur Freeport dijabat putra asli Papua.

“Apa salahnya bikin satu sejarah mengangkat orang Papua, tapi kami tidak memaksakan. Silahkan managemen yang mengaturnya, tetapi kami hanya sampaikan, kami mau Freeport bikin sejarah untuk Papua,” tutur Yunus Wonda saat ditemui Kantor DPR Papua, Kamis (25/2).
Mengenai lima nama calon putra asli Papua yang disebut-sebut layak menjadi calon Presiden Direktur Freeport Indonesia, Yunus Wonda enggan berkomentar.”Saya tidak tahu, mau 5 nama kah 10 nama kah, saya Cuma ingin sampaikan, Freeport mau nggak bikin sejarah nggak di Papua,” tantang Yunus Wonda.
DPR Papua pun kembali menyerahkan keputusan tersebut pada managemen Freeport, apakah ingin memberdayakan orang Papua atau sebaliknya. Pihaknya juga mempersilahkan putra Papua untuk bersaing dalam pencalonan di Freeport, dengan kemampuan dan kapasitas yang dimiliki masing-masing.
“Saya pikir kembali ke managemen Freeport, apakah memberdayakan orang Papua atau tidak. Kalaupun memberdayakan orang Papua, harus yang punya hati. Jangan orang Papua sudah masuk, tapi prakteknya lebih bagus yang bukan orang Papua,” ujar Yunus Wonda.
Sebelumnya, Gubernur Provinsi Papua, Lukas Enembe menyatakan kesediannya merekomendasikan nama-nama calon orang asli Papua yang dianggap layak menempati posisi Presiden Direktur PT. Freeport Indonesia.
Menurut Gubenrur, Papua memiliki 5 calon dari Internal Freeport. Sedangkan diluar dari Freeport, sambungnya, Papua memiliki banyak tokoh-tokoh yang bisa diusulkan memimpin Freeport.   Ia pun menilai ada beberapa nama tokoh Papua yang dianggap memenuhi syarat menjadi tambang emas raksasa Freeport. (Syaiful)

Dibaca 477 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.