Dana Otsus Ada, Karena Perjuangan Masyarakat Papua | Pasific Pos.com

| 24 July, 2019 |

Dana Otsus Ada, Karena Perjuangan Masyarakat Papua

Headline Penulis  Jumat, 26 Februari 2016 16:52 font size decrease font size increase font size 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

Wakil Ketua Komisi I DPR Papua, Orwan Tolli Wone

 

Jayapura,-Wakil Ketua Komisi I DPR Papua, Orwan Tolli Wone mengungkapkan, dana Otonomi Khusus digelontorkan Pemerintah Pusat ke Papua, karena perjuangan masyarakat. Ia pun mendukung sikap Gubernur Papua yang mengembalika dana Otsus ke Pemerintah Pusat.

 "Setiap keluarga harus terima dana-dana ini. Dana ini diberikan pemerintah pusat agar kepada setiap orang asli Papua. Mereka berhak terima dana itu. Pusat itu sifatnya mengontrol. Jangan intervensi dan mencampuri urusan daerah," kata Orwan, Kamis (25/2).
Orwan memandang sikap tegas Gubernur Papua, Lukas Enembe menunjukan bentuk protes kepada Pemerintah Pusat agar tak bermain-main dengan orang Papua dalam hal kebijakan. "Jangan sedikit-sedikit menyinggung masalah Otsus,” ujarnya.
Menurutnya, Gubernur Papua sudah membuat kebijakan terkait pembagian 80 persen dana Otsus ke kabupaten/kota. Kebijakan ini lantaran gubernur mengetahui persis, rakyat ada di kabupaten/kota.
"Selama ini dana Otsus hanya berputar di Pemerintah Provinsi, dari gubernur ke gubernur. Untuk itu, bupati atau wali kota harus diundang untuk mempresentasikan realisasi penggunaan dana otsus, agar jelas alirannya,” katanya.
Orwan juga mengingatkan berbagai pihak agar tak mengeluarkan statemen provokatif terkait dana Otsus Papua. Sebab, dana Otsus ini bukan milik pemerintah, melainkan milik masyarakat. "Setiap keluarga harus terima dana-dana ini,” tutupnya. (Syaiful)

Dibaca 415 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.