KPU Diminta Tertibkan APK Bakal Calon Bupati | Pasific Pos.com

| 21 September, 2019 |

KPU Diminta Tertibkan APK Bakal Calon Bupati

Headline Penulis  Kamis, 25 Februari 2016 13:28 font size decrease font size increase font size 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

Anggota KPU Papua Isak Hikoyabi

 

JAYAPURA,- Komisi Pemilihan Umum (KPU) belum menetapkan tahapan pemiluka kepala daerah serentak gelombang kedua tahun 2017. Namun, alat peraga kampanye (APK) berupa baliho dan spanduk salah satu bakal calon kepala daerah telah bertaburan di sejumlah lokasi. Untuk itu KPU diminta proaktif menertibkannya.

“Kita minta KPU Kabupaten/Kota agar aktif melakukan penertiban alat peraga kampanye, karena belum saatnya berkampanye,” tegas Anggota KPU Papua Isak Hikoyabi di Jayapura, Rabu (24/2) kemarin.
Isak mengatakan tahapan pilkada serentak akan dimulai serentak bulan April atau Mei 2016. Kata dia, selama musim kampanye, APK tidak boleh dikeluarkan oleh tim bakal calon, tetapi dikeluarkan oleh KPU. Nanti ada waktu 90 hari masa tahapan kampanye,” ujarnya.
Menurut Isak, APK yang dipasang bakal calon di tempat-tempat umum atau di taksi-taksi semuanya itu melanggar Peraturan KPU (PKPU) No.7 Tahun 2015 tentang Kampanye Pilkada.
Bahkan, ada yang sudah sebut dirinya sebagai calon bupati. Padahal, yang bersangkutan belum ditetapkan sebagai calon bupati. Jadi pertanyaan siapa yang teteapkan dia sebagai calon bupati. Tanya mantan Ketua KPU Kabupaten Jayapura itu.
Oleh karena itu, Isak menghimbau kepada kepada KPU kabupaten/kota untuk segera sampaikan kepada publik atau bakal calon bupati/walikota agar bisa menahan diri sampai KPU mengeluarkan jadwal tahapan pemilu.
Lanjutnya, untuk APK di posko-posko silakan, tidak ada yang melarang, asalkan jangan di taksi. “Kita himbau kepada semuanya untuk menunggu sampai KPU keluarkan  Jadwal kampanye. Tidak boleh promosikan diri lewat baleho. Kalau mau disebutkan Kota Jayapura satu atau Jayapura satu, tidak boleh dalam bentuk baleho, itu jelas belanggar aturan KPU. Ucapnya. (Bams)

Dibaca 549 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.