Hari ini, Pemerintah Bayar Tanah Bandara Sentani | Pasific Pos.com

| 23 August, 2019 |

Hari ini, Pemerintah Bayar Tanah Bandara Sentani

Headline Penulis  Senin, 22 Februari 2016 12:30 font size decrease font size increase font size 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

Staf Khusus Presiden, Lenis Kogoya

 


SENTANI,- Staf Khusus Presiden, Lenis Kogoya menyampaikan bahwa Pembayaran tanah Bandar Udara (Bandara) Kelas I Sentani seluas 12,5 Hektar, akan dilakukan hari ini, Senin (22/2) Di Kantor Perhubungan Udara Sentani, Kabupaten Jayapura.

“Jadi, saya diperintahkan presiden untuk melakukan mediasi dengan para pemilik tanah bandara sehingga pada Kamis (18/2) lalu, saya bersama Kabandara Sentani, Agus Priatno melakukan pertemuan dengan para pemilik tanah bandara. Dalam pertemuan ini kami sudah sepakat bahwa kepastian pembayaran tanah Bandara Sentani akan dilakukan hari ini (Senin-Red),”ungkap Lenis kepada wartawan di VIP Room Bandara Sentani, Jumat (19/2) lalu.
Lebih lanjut, lenis menuturkan dirinya sudah memerintahkan pihak bandara untuk membuka rekening dan langsung mengisi rekening tersebut dengan uang sesuai dengan jumlah pembayaran luasan tanah tersebut.
“Nah, rekeningnya sudah kami siapkan dan kami isi tinggal dilakukan pembayarannya hari ini kepada para pemilik hak ulayat,”katanya.
Lenis yang pernah menjabat sebagai Ketua Lembaga Masyarakat Adat (LMA) Papua ini menegaskan bahwa pembayaran tanah itu, hanya akan terjadi antara pihaknya (bandara) dan pemilik hak ulayat yang benar-benar memiliki surat kuasa atas tanah bandara itu.
“Kami hanya melakukan pembayaran kepada pemilik tanah sesungguhnya. Kalau untuk Ondoafi terlebih masyarakat lain yang mengaku tanpa memiliki surat kepemilikin tanah tersebut, itu semua kami serahkan kepada pemilik tanah sesungguhnya untuk bagaimana cara dia menghargai ondoafi nya serta masyarakat lain yang mengaku tentang kepemilikan tanah itu,”tegasnya.
Lenis menerangkan bahwa pada pertemuan kemarin, dirinya juga sudah menyampaikan kepada para ondoafi untuk tidak meminta uang kepada para pemilik tanah bandara ini. Sebab, Ondoafi hanya memberikan saran serta kepastian hukum atas kebenaran dari kepemilikan tanah itu.
“Ondoafi hanya membantu menyelesaikan permasalahan ataupun kebenaran dari kepemilikan tanah bandara, kalau tanah bandara sudah selesai dibayar, itu semua tergantung dari pemilik tanah apa dia (ondoafi) mau kasih uang atau tidak,”tuturnya.
“Namun, dalam pertemuan pada kamis kemarin, kami dan pemilik tanah sudah sepakat bahwa ondoafi atau kepala suku akan diberikan penghargaan sebesar 5 persen,”tambahnya.
Dirinya berharap, penyelesaian Tanah Bandara Sentani ini bisa cepat terlaksana agar kelancaran dan pembangunan Bandara Sentani, bisa berjalan sesuai dengan harapan semua masyarakat dan pemerintah.
Dihari berbeda, Saat dihubungi Wartawan Harian ini untuk diconfirmasi, Kepala Bandara Sentani, Agus Priatno tidak mengangkat telfonnya ataupun membalas pesan. (Jems)

Dibaca 1370 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.