10 Eks TPN/OPM Harus Diperlakukan Manusiawi | Pasific Pos.com

| 20 July, 2019 |

10 Eks TPN/OPM Harus Diperlakukan Manusiawi

Headline Penulis  Rabu, 17 Februari 2016 13:22 font size decrease font size increase font size 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

Legislator Papua dari Daerah Pemilihan Pegunungan Tengah, Deerd Tabuni

 

Jayapura,- Legislator Papua dari Daerah Pemilihan Pegunungan Tengah, Deerd Tabuni  meminta kepada Pemerintah Provinsi Papua maupun Pemerintah Kabupaten Puncak Jaya agar memperlakukan 10 anggota Eks TPN/OPM yang kembali ke pangkuan Ibu Pertiwi secara manusiawi.

Politisi Partai Golkar ini pun mengingatkan kepada Pemerintah supata memberikan lapangan pekerjaan yang layak kepada 10 eks TPN/OPM tersebut. “Saya apresiasi upaya Pemerintah merangkul TPN/OPM, tapi saya harap juga memperhatikan kesejahteraan hidup mereka,” kata Deerd, Selasa (16/2).
Menurut Deerd, 10 anggota eks TPN/OPM tersebut merupakan anak buah dari pimpinan TPN/OPM Goliath Tabuni. Ia pun mengapresiasi tindakan eks TPN/OPM yang kembali ke pangkuan NKRI.
“Mereka menerima pembangunan di dalam pangkuan NKRI dan bersama-sama Pemerintah membangun daerah Papua dalam NKRI. Tapi saya khawatir kalau 10 anggota eks TPN/OPM itu tidak diperhatikan seperti masyarakat lainnya,” ujarnya.
Kekhawatiran ini, katanya, sebagaimana pengalaman bahwa beberapa eks TPN/OPM yang kembali ke NKRI pada 2005 lalu yang kini kehidupannya terkatung-katung. Padahal,sejak tahun 2005 silam, wilayah Kabupaten Jayawijaya merupakan daerah yang paling rawan.
 “Berdasarkan hasil komunikasi kami dan kerja keras kami, mada Goliat Tabuni mengarahkan anak buahnya yang berada di pos-pos untuk turun dan menerima pembangunan. Tapi kenyataannya hingga saat ini tidak merasa dipedulikan,” bebernya.
Menyangkut  status Goliat Tabuni selaku Pimpinan TPN/OPM yang masih berada di hutan, Deerd Tabuni mengaku telah berkomuniasi dengan Goliath Tabuni. Dimana Goliath malah mempertanyakan jaminan keamanan ketika turun gunung.
 “Saya tanyakan sendiri kepada beliau, ternyata beliau bilang saya tidak pernah nmenyatakan saya turun. Kalau saya turun jaminannya apa? Saya turun, tapi dibelakang jaminannya apa?.Itulah yang kita cari jalan,” tuturnya.
Deerd Tabuni juga mengingatkan Pemerintah Daerah agar tak menjual nama TPN/OPM untuk kepentingan pribadi maupun dijadikan proyek. “Jangan jadikan mereka sebagai proyek, demi kepentingan pribadi,” tandasnya. (Syaiful)

Dibaca 374 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.