40 Petak Rumah dan Masjid Ludes Dilahap Api | Pasific Pos.com

| 16 November, 2019 |

40 Petak Rumah dan Masjid Ludes Dilahap Api

Headline Penulis  Rabu, 10 Februari 2016 17:20 font size decrease font size increase font size 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

Petugas Pemadam Kebakaran Berupaya Memadamkan Api di Kawasan Pasar Lama Abepura, Selasa (9/2)

 

Jayapura,- Si jago merah kembali menunjukkan aksinya. Kali ini si jago merah melanda  Kompleks Pondok Pasantren Alhidayah Jln. Pasar Lama Keluraha Awiyo Distrik Abepura dan telah menghabiskan 40 petak rumah yang terdiri dari 38 rumah kost dan 2 rumah pribadi. Kebakaran itu juga menghanguskan sebuah rumah

ibadah umat Muslim diarea Pondok Pesanteran Al –Hidayah.
Kebakaran diduga diakibatkan ledakan kompor gas. Kejadian berawal saat Faisal Akbar  menyalakan kompor gas untuk membuat roti namun selang tabung gas diidikasikan bocor akhirnya meledak selang beberapa menit .
Ustad Abdul Hari melihat asap yang berasal dari rumah sewa H. M. Adam kemudian saksi mengambil air dengan menggunakan ember dan menyiramnya tetapi asap semakin besar akhirnya beliau mengumumkan melalui Toa di Mesjid  bahwa ada kebakaran dan warga mulai berdatangan membawa alat seadanya untuk membantu memadamkan api karena api tidak berhasil dipadamkan oleh warga akhirnya merambat membakar Mesjid Alhidayah.
Tak hanya itu, kebakaran tersebut juga mencederai seorang warga bernama Nawir (29) warga Kali Acai. Dia pun terpaksa dilarikan ke RS Bhayangkara akibat luka terkena seng atap rumah dibagian betis kaki sebelah kanan, saat berupaya memadamkan api.
Kapolres Jayapura Kota, AKBP Jermias Rontini melalui Paur Humas, Iptu Jahja Rumra memperkirakan kerugian materil yang disebabkan kebakaran mencapai Rp 1,5 Milyar.”Kasus ini ditangani Polsek Abepura, tidak ada korban jiwa dalam kebakaran ini, “ kata Jahja, Selasa (9/2).
Menurut keterangan saksi,  terang Jahja, kebakaran ini kali pertama diketahui dari suara ledakan disusul teriakan minta tolong.  Tidak lama kemudian, saksi melihat kepulan asap dari salah satu kos-kosan milik H. Adam yang berada di belakang toko pakaian Riska Collection.
“Saat itu penduduk sekitar, bergotong royong guna membantu memadamkan api dengan alat seadanya, serta menghubungi aparat kepolisian dan pemadam kebakaran,” jelasnya.
Kebakaran besar ini, sambung Jahja, berhasil dipadamkan setelah 3 mobil pemadam kebakaran milik Pemerintah Kota dibantu 5 unit mobil tangki air diturunkan. “Kurang lebih hampir 2 jam, baru api berhasil dipadamkan, dengan bantuan masyarakat,” katanya.
Jahja menambahkan saat ini anggota sudah melakukan garis line, guna mencegah warga masuk ke area lokasi kebakaran. “Anggota telah melakukan olah TKP, guna mencari tau penyebab kebakaran, yang dimulai dengan suara ledakan, dilokasi kejadian,” tambah Jahja. (Syaiful/Fani)

Dibaca 832 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.