DPR RI Diminta Bentuk Pansus Masalah Papua | Pasific Pos.com

| 21 August, 2019 |

DPR RI Diminta Bentuk Pansus Masalah Papua

Headline Penulis  Senin, 01 Februari 2016 15:17 font size decrease font size increase font size 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

Legislator Papua, Ruben Magai.

 

Ruben : “Jakarta Hanya Suka Kekayaan Alam Papua, Bukan Manusia-nya”

Jayapura,- Legislator Papua, Ruben Magai yang juga anggota Komisi I DPR Papua meminta Komisi I DPR RI membentuk Panitia Khusus penyelesaian masalah Papua. Hal ini dikarenakan masalah pelanggaran HAM tak kunjung dituntaskan oleh Pemerintah Pusat.

Ia pu memandang Jakarta hanya memanfaatkan kekayaan alam Papua yang berlimpah, tanpa memperhatikan kesejahteraan dan nasib orang Papua, hingga merasa dijajah oleh Indonesia.  
“Jakarta menyampaikan Papua harga mati, tapi yang dirasa saat ini, Jakarta hanya mengeruk kekayaan alam Papua, mulai dari emas sampai kayu yang berlimpah,” ujar Ruben Magai saat ditemui diruang kerjanya, Jum’at (29/1).
Menurut Ruben, sejak tahun 2010 lalu hingga 2015 tercatat kayu yang keluar dari Papua telah mencapai senilai Rp 24 Triliun. Angka fastastis ini, belum termasuk emas berlimpah yang diambil dari perut bumi Cenderawasih.
“Coba bayangkan, kayu, emas dan ikan dari Papua diambil terus, sementara angka kematian orang Papua terus meningkat. Ini ada apa, kenapa Jakarta merasa masa bodoh dengan Papua,” ucap Ruben.
Ruben pun mengibaratkan Papua dengan Kali Ciliwung, apabila terlalu lama dibendung, pasti air kali akan mencari jalan untuk keluar dari bendungan. “Seperti ini Papua, lama kelamaan pasti akan mencari cara keluar dari Indonesia. Maka itu Jakarta jangan tutup mata,” ujarnya. (Syaiful)

Dibaca 518 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.