DPR Papua Bakal Bentuk Dua Pansus Tapal Batas | Pasific Pos.com

| 27 May, 2019 |

DPR Papua Bakal Bentuk Dua Pansus Tapal Batas

Headline Penulis  Selasa, 19 Januari 2016 11:10 font size decrease font size increase font size 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

Anggota Komisi IV DPR Papua, Thomas Sondegau.

 

Jayapura,- Anggota Komisi IV DPR Papua, Thomas Sondegau mengatakan DPR Papua bakal membentuk dua Panitia Khusus yang menangani masalah tapal batas di Papua. Satu Pansus diantaranya dikhususkan  menangani masalah tapal batas wilayah penambangan PT. Freeport.

" Pansus tapal batas Freeport akan menangani tapal batas wilayah penambangan PT. Freeport. Misalnya antar Kabupaten Mimika dengan Puncak, Nduga, Paniai, dan Intan Jaya. Akan dilihat area ekspansi Freeport. Apakah sudah masuk wilayah kabupaten lain atau seperti apa," kata Thomas saat ditemui diruang kerjanya, Senin (18/1).
Pansus ini dibentuk, kata Thomas, karena adanya kemungkinan area tambah bawah tanah milik PT. Freeport  Indonesia  masuk ke wilayah suku lain.  Misalnya, wilayah Suku Moni di Intan Jaya yang selama ini mengeluhkan aktivitas penambangan Freeport.
"Jangan hanya lihat penambangan terbuka Freeport, tapi juga penambangan bawah tanah. Pansus dibentuk untuk melihat sudah sejauh mana area penambangan Freeport," ujarnya.
DPR Papua, sambung Thomas juga akan berkoordinasi dengan Pemerintah Kabupaten dan suku terkait apabila tapal batas area penambangan Freeport sudah jelas. “Ini agar kepentingan semua masyarakat adat diakomodir,” katanya.
Ia pun menambahkan bahwa pembentukan Pansus itu sudah diputuskan dalam paripurna DPR Papua akhir tahun lalu. Dimana lima dari tujuh fraksi di DPR Papua menyetujui. “Fraksi yang setuju yakni Hanura, Demokrat, PDI Perjuangan, PKB dan Golkar,"  bebernya. (Syaiful)

Dibaca 635 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.