Enam Perkara Sengketa Pilkada di Papua Mulai Disidangkan | Pasific Pos.com

| 23 May, 2019 |

Enam Perkara Sengketa Pilkada di Papua Mulai Disidangkan

Headline Penulis  Jumat, 08 Januari 2016 09:17 font size decrease font size increase font size 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

Komisoner KPU Papua Tarwinto

 

Jayapura,- Enam perkara sengketa Pilkada serentak di tiga Kabupaten, Provinsi Papua yang terdiri dari Kabupaten Waropen, Nabire dan Merauke mulai disidangkan di Mahkamah Konstitusi, sejak Kamis (7/1) lalu.  

Hal ini diungkapkan Komisioner KPU Provinisi Papua  membidang Hukum dan Pegawasan, Tarwinto saat dihubungi awak media di Jayapura, Kamis (7/1) siang.
Dalam sidang di Mahkamah Konstitusi hari ini, papar Tarwinto, semua sengketa Pilkada serentak disidangkan dengan tiga panel Majelis Hakim. Tiga Kabupaten Provinsi Papua yang disidangkan di MK telah masuk panel pertama persidangan yang dipimpin Hakim Konstitusi Arif Hidayat sebagai Ketua didampingi, I Dewa Gede dan Manahan Sitompul.
Pihaknya juga membenarkan adanya gugatan sengketa Pilkada dari 11 kabupaten di Papua. “Sekarang ini  baru pemeriksaan awal. Jadi yang disidangkan sekarang ini, Merauke dengan tiga perkara, Nabire dengan satu perkara dan Waropen dua perkara,” urainya.
Menurut Tarwinto, dalam proses pemeriksaan awal, gugatan sengketa Pilkada di Papua belum ada yang ditolak MK. Hal itu sebagaimana dalam Undang – Undang 8 tahun 2015 bahwa untuk jumlah penduduk lebih 250 ribu, maka pasangan calon untuk urutan pertama dan kedua selisihnya lebih 2 persen, maka tidak ada legitimasi untuk melakukan gugatan.
Namun, sambungnya, jika selisih dari kurang 2 persen, maka diperbolehkan melakukan gugutan. (Syaiful)

Dibaca 735 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.