Kasad : Pembangunan Kodam Papua Barat Rampung Tahun Ini | Pasific Pos.com

| 24 May, 2019 |

Kasad : Pembangunan Kodam Papua Barat Rampung Tahun Ini

Headline Penulis  Kamis, 26 Februari 2015 15:50 font size decrease font size increase font size 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

Kepala Staf Angkatan Darat, Jenderal TNI Gatot Nurmantyo.

Jayapura,- Wacana pemekaran Komando Daerah Militer XVII/Cenderawasih di Papua Barat, makin diseriusi. Hal itu menyusul penegasan Kepala Staf Angkatan Darat, Jenderal TNI Gatot Nurmantyo  yang mengklaim pembangunan Kodam baru di Papua Barat akan selesai tahun 2015 ini. 
“Secepatnya dibangunkan kalau tanahnya sudah siap, kalau proses hokum legalnya, sertifikatnya sudah siap, maka langsung kita bangun. Pangdam mengaku pembangunan bisa selesai tahun ini kok, jadi kita pastikan tahun ini akan selesai,” kata Kasad saat ditemui usai menghadiri Kongres KNPI ke-14 di Gedung Olahraga Cenderawasih, Rabu (24/2) siang.
Untuk lokasinya, Kasad menegaskan akan dipusatkan di Manokwari, Ibu Kota Provinsi Papua Barat. “Pusatnya di Manokwari, proyeksinya kalau bisa tahun ini selesai, maka tahun ini selesai,” kata Kasad mempertegas pertanyaan wartawan.
Kapendam XVII/Cenderawasih, Kolonel ARH Rikas Hidayatullah menambahkan, rencananya Markas Kodam Papua Barat akan dipusatkan di Aryai, Kabupaten Manokwari, Papua Barat dengan luas 24,7 Hektar.
“Lokasi untuk Markas Kodam Papua Barat sudah disiapkan memang, di Kompi C dan D Kipan (Kompi Senapan) Yonif 752/VYS, dengan luas lahan yang disiapkan sekitar 24,7 Ha,” jelas Rikas saat dihubungi melalui telepon, Rabu (25/2).
Rencananya,tambah Kapendam, pembangunan Markas Kodam Papua Barat akan selesai pada tahun 2015. “Rencana pembangunan berakhir tahun 2015,” imbuh Rikas.
Sebelumnya, Pemerintah Provinsi Papua Barat, menyambut rencana pembentukan komando daerah militer (Kodam) di Papua Barat.
Pembangunan markas Kodam Papua Baru akan berlokasi di Kota Manokwari, Papua Barat. Pembangunan markas Kodam Papua Barat juga sebagai pelengkap, setelah berdirinya Markas Polda Papua Barat yang kini dikomandoi oleh salah satu putra terbaik Papua, Brigadir Jenderal Polisi Paulus Waterpauw, sebagai Kapolda Papua Barat pertama.
Pembangunan Makodam Papua Barat dilakukan bersamaan dengan Kodam baru di Tarakan, Kalimantan Utara. Kodam aru ini, dibangun berdasarkan atas pertimbangan luasnya wilayah Tanah Papua, serta untuk menjaga kedaulatan NKRI. (Syaiful)

Dibaca 949 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.