5000 Pengawas Pilkada Serentak Diterjunkan | Pasific Pos.com

| 19 May, 2019 |

5000 Pengawas Pilkada Serentak Diterjunkan

Headline Penulis  Rabu, 25 November 2015 09:19 font size decrease font size increase font size 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)
Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provonsi Papua, Robert Horik
Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provonsi Papua, Robert Horik

 

Jayapura,- Badan Pengawas Pemilu Provinsi Papua menerjunkan lebih dari 5000 pengawas Pilkada serentak, 9 Desember mendatang, yang disebar di seluruh TPS di 11 Kabupaten Papua.

Dimana berdasarkan data Bawaslu, pengawas untuk tingkat Provinsi sebanyak 3 orang, sedangkan untuk tingkat kabupaten sebanyak 33 orang. Untuk Panwas Distrik sebanyak 588 orang, sementara Pengawas Pemilu Lapangan sebanyak 1947 orang dan Pengawas Pemilu di TPS sebanyak 2920 orang.
Ketua Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Provonsi Papua, Robert Horik menyakini langkah ini dapat efektif melakukan pengawasan tahapan Pilkada dari pelanggaran. “Ya minimal mengurangilah,” kata Robert Horik, Selasa (24/11).
Menurut Robert Horik, pengawasan Pilkada serentak berbeda dengan pelaksanaan Pemilu Presiden maupun Pemilu Legislatif sebelumnya. Dimana pengawasan pada Pileg dan Pipres cenderung lebih sedikit, ketimbang Pilkada serentak.
“Untuk pengawas kami sampai tingkat TPS, dulu tidak sampai seperti ini. Jadi kami harap pengawasan dapat berjalan maksimal,” tegasnya.
Ia pun mengakui banyaknya temuan pelanggara pada Pemilihan Umum Presiden RI dan Pemilihan Legislatif di Papua. “Ada pelanggaran hukum, pelanggaran administrasi,” katanya. (Syaiful)

Dibaca 834 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.