Gubernur Dituding Tak Hargai Surat Mendagri | Pasific Pos.com

| 24 May, 2019 |

Gubernur Dituding Tak Hargai Surat Mendagri

Headline Penulis  Selasa, 24 November 2015 11:51 font size decrease font size increase font size 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

"Dari Unjukrasa Caleg SK 16 dan SK 20 di Bandara Mozes Kilangin"

Jayapura,- Puluhan Calon Legislative DPRD Mimika versi SK 16 dan SK 20 mengelar aksi unjukrasa di Cek Poin 28 Bandara Mozes Kilangin Timika, Provinsi Papua, Senin (23/11) pagi.
Mereka menuding Gubernur Papua Lukas Enembe tidak menghargai surat Mendagri sebagai Lembaga tinggi Negara yang mengatakan bahwa pelantikan anggota DPRD Mimika harus disesuaikan dengan penetapan anggota DPR secara Nasional.
“Gubernur harus menyurati dewan kehormatan DPR RI dan DPRP agar dengan segera memberhentikan anggota DPR RI atas Nama Peggi Patipi dan DPRD, WilHemus Pigay, Yansen Tinal dan Mathea Mameyao yang telah ditetapkan secara nasional berdasarkan SK 16A,” kata Martinus Malilo dalam orasinya.
Mereka menilai Surat keputusan Gubernur Provinsi Papua untuk melantik anggota DPRD Mimika adalah Ilegal karena bertentangan dengan Peraturan dan Perundang - Undangan yang berlaku tentang legislative. “Gubernur harus batalkan pelantikan Caleg dalam SK-17,” desaknya.
Pengunjukrasa juga menilai Gubernur telah mencederai Hukum yang ditetapkan oleh Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu ( DKPP) yang merupakan Institusi tertinggi dari KPU maupun Bawaslu.
Kabid Humas Polda Papua, Komisaris Besar Polisi Patrige menyebutkan aksi unjukrasa tersebut telah mendapat persetujuan dari Kepolisian setempat dalam hal ini Kapolres Mimika, AKBP Yustanto Mujiharso. Kepolisian pun mengharapkan aksi tersebut dapat dilaksanakan secara aman dan damai.
Sementara itu, dari informasi yang diperoleh media ini, Gubernur Papua, Lukas Enembe telah melakukan rapat koordinasi pelantikan anggota DPRD Mimika, Senin (23/11). Rapat itu juga dihadiri Wakil Ketua DPR Papua, Wilhelmus Pigai, Ketua Pengadilan Tinggi Jayapura Sudiwardo dan Wakil Ketua Pengadilan Timika, Relly Dominggus serta Sekda Papua, Heri Dosenay.
Rapat itu menghasilkan bahwa pelantikan anggota DPRD Mimika akan berlangsung pada Selasa (24/11) di Gedung Sasana Krida Kantor Gubernur Papua. (Syaiful)

Dibaca 843 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.