HUT OPM, Pemkab Lanny Jaya Jamin Keamanan Masyarakat | Pasific Pos.com

| 22 July, 2019 |

HUT OPM, Pemkab Lanny Jaya Jamin Keamanan Masyarakat

Headline Penulis  Senin, 16 November 2015 11:08 font size decrease font size increase font size 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)


Jayapura,- Pemerintah Daerah Kabupaten Lanny Jaya menjamin keamanan dan kenyamanan bagi masyarakat didaerahnya, menjelang peringatan 1 Desember yang disebut-sebut sebagai hari berdirinya Organisasi Papua Merdeka.

“Kita memberikan jaminan bahwa daerah itu akan aman sampai bulan desember," kata Sekda Lanny Jaya, Christian Sohilait saat ditemui usai menghadiri Syukuran HUT Brimob di Kotaraja, Sabtu (14/11).
Chirstian mengakui, masyarakat merasa trauma dan ketakutan, baik guru-guru, para medis, maupun para kontraktor, ketika memasuki tanggal 1 Desember. Meski demikian, hal itu telah mengantisipasi oleh aparat keamanan setempat.
Dua pecan lalu, kata Cristian, pihaknya bersama pak Bupati telah melakukan pertemuan dengan Kapolres Lanny Jaya, perwira penghubung dan Danyon 756 untuk melihat potensi-potensi ganguan. Polda Papua juga telah mengirimkan 25 anggota untuk memperkuat Kabupaten Lanny Jaya.
“Langkah awal sudah sweeping oleh rekan-rekan Polri di mata Jalan Tiom-Wamena, maupun sebaliknya. Kedua, teman-teman dari Polri melakukan patroli gabungan, baik di siang hari maupun dimalam hari,” jelasnya.
Terkait adanya Kelompok Sipil Bersenjata yang melarang pembangunan jalan, Cristian menyatakan pemerintah bersama masyarakat, Kepala Kampung akan tetap menjaga dan mengawal proses pembangunan di wilayah.
“Kemarin kami sudah melakukan pertemuan di daerah Ayunati. Kelompok itu (KSB) tidak boleh masuk ke dalam, masyarakat telah memberikan jaminan keamanan kepada kami. Mantan anggota KSB juga sudah sadar dan mengijinkan aparat kepolisian setempat,” katanya.
Disinggung soal berapa jumlah Kelompok Sipil Bersenjata yang ada di Lanny Jaya, Cristian mengaku belum bisa memastikan kelompok itun. “Polri yang tau itu, kita hanya memberikan jaminan bahwa daerah ini aman selama bulan Desember," tukas dia. (Syaiful)

Dibaca 528 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.