Gubernur Ancam Tarik Dana Otsus 30 Persen Dari Kabupaten/Kota | Pasific Pos.com

| 22 May, 2019 |

Gubernur Ancam Tarik Dana Otsus 30 Persen Dari Kabupaten/Kota

Headline Penulis  Senin, 09 November 2015 10:32 font size decrease font size increase font size 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)
Gubernur Ancam Tarik Dana Otsus 30 Persen Dari Kabupaten/Kota
Gubernur Papua Lukas Enembe,SIP.MH.

 

JAKARTA,- Gubernur Papua Lukas Enembe,SIP.MH mengancam menarik dana Otsus 30 persen untuk pendidikan dari kabupaten/kota.
Gubernur Papua Lukas Enembe,SIP.MH kepada wartawan mengaku, pendidikan merupakan bagian terpenting dari pembangunan di Papua. Sebab tanpa pendidikan, Papua tidak akan maju atau bergerak lebih jauh.

“Pendidikan menjadi fokus kita, tetapi tidak hanya provinsi tetapi kabupaten/kota, kita dorong agar mengalokasikan 30 persen dana Otsus dari dana 80 persen yang mereka terima,” ungkapnya.
Untuk itu, kata Lukas Enembe dalam Raker bupati/walikota nanti salah satu hal penting yang akan menjadi pembahasan antara pemerintah provinsi dan kabupaten/kota adalah dana pendidikan 30 persen dari alokasi dana Otsus 80 persen.
Jika bupati/walikota tidak dapat membangun asrama dan memberikan beasiswa bagi anak-anak Papua yang kuliah di Papua maupun diluar Papua, maka dana 30 persen untuk pendidikan akan dikelolah oleh pemerintah provinsi.
“Jika bupatI/walikota tidak menyediakan asrama atau beasiswa, pemerintah provinsi akan menarik dana 30 persen,” terangnya.
Namun jika bupati/walikota bertahan mengelola dana 30 persen untuk pendidikan, dengan alasan akan memberikan perhatian penuh terhadap mahasiswa seperti membangun asrama dan memberikan beasiswa. Maka, dana 30 persen tetap akan dikelola kabupaten/kota.
“Kalau kabupaten mau mengalokasikan dana pendidikan 30 persen untuk beasiswa dan asrama kita tidak akan menarik, tetapi jika tidak bisa, maka kita akan ambil alih,” tegasnya.
Ditegaskannnya, sektor pendidikan sangat penting bagi anak-anak Papua. Untuk itu diharapkan pemerintah kabupaten/kota benar-benar serius memberikan perhatian terhadap bidang pendidikan dengan mengalokasikan dana 30 persen.
Lukas Enembe mengaku selama ini perhatian terhadap pendidikan di Papua tidak hanya dari pemerintah provinsi tetapi juga mendapat perhatian dari pemerintah kabupaten/kota.
“Diseluruh Indonesia mereka sudah memiliki asrama, pendidikan sangat pendidikan bagi Papua yang merupakan program unggulan baik provinsi maupun kabupaten/kota yang sepakat mendorong semua anak-anak Papua baik yang studi di Papua maupun diluar Papua,” tandasnya. (Bams)

Dibaca 513 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.