Dandim 1702 Pimpin Evakuasi Korban Bencana Alam Di Lanny Jaya | Pasific Pos.com

| 25 May, 2019 |

Dandim 1702 Pimpin Evakuasi Korban Bencana Alam Di Lanny Jaya

Headline Penulis  Jumat, 30 Oktober 2015 08:26 font size decrease font size increase font size 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

korban hujan es lanny jaya

Wamena, Bencana embun es atau embun beku terjadi di Kabupaten Lanny Jaya, Papua. Akibatnya, ratusan warga di kabupaten itu mengungsi ke kabupaten lainnya seperti Kabupaten Puncak, Puncak Jaya, Nduga dan ke Kota Tiom, Ibu Kota Lanny Jaya. Saat ini, tanaman dan ternak mati semua. Warga yang mengungsi berasal dari beberapa kampung di Distrik Kuyawage, Distrik Wanobarat, dan Distrik Goabaliem. Warga mengungsi untuk menghindari dampak yang lebih parah lagi. Saat ini pemerintah daerah masih mendata warga yang mengungsi akibat embun es ini. Sebab, ratusan warga ini jalan kaki ke beberapa lokasi pengungsian.

Tim Evakuasi dan penyelamatan yang dipimpin Dandim 1702/Jayawijaya Letnan Kolonel Inf Mohamad Aidi, S.IP, yang terdiri dari anggota Koramil, Kepala BNPB Lany Jaya Yakub Kogoya beserta anggota, Kapolres Jayawijaya AKBP Ali Sadikin beserta anggota serta anggota Kodim 1702/JWY lainnya melaksanakan penyisiran kearah Distrik Malaganarie dan berhasil menemukan 114 orang pengungsi. Selanjutnya para pengungsi ditempatkan ke titik pengungsian terdekat antara lain di Kampung Nambu Distrik Malaganarie 11 orang, Gereja Banglogome Kampung Bagie Malaganerie 52 orang, Gereja Uyugi Kampung. Jigiwi Distrik Malaganerie 30 orang, Kampung Wabragi Distrik Malaganerie 13 orang dan di Distrik Pirime 8 orang. Pada penyelamatan ini ada sekitar Delapan orang ditemukan di titik terjauh sekitar 25 Km dari Distrik Malaganerie ke arah Kuyawage.
Sekarang ini para pengungsi baru mendapatkan bantuan dari Kodim 1702/JWY berupa Tenda tempat tinggal dan beras, Supermi, minyak goreng, garam dan pakaian layak. Rencananya kegiatan penyisiran akan dilanjutkan hari ini serta penambahan pemasangan tenda pengungsi. Kebutuhan yang diperlukan saat ini bagi para pengungsi adalah bahan makanan, perabot masak, obat-obatan dan tenaga Medis, selimut dan pakaian layak pakai.
Sementara itu data yang di dapatkan dari Pemda Lany Jaya jumlah pengungsi telah mencapai 3.000 jiwa. Data yang ditandatangani sekretaris daerah Lany Jaya menyebutkan para pengungsi untuk sementara mengungsi ke daerah kabupaten Puncak, Pubcak Jaya dan kabupaten Jayawijaya. (Fani)

Dibaca 1467 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.