KPU Merauke Tetapkan Daftar Pemilih Tetap | Pasific Pos.com

| 22 July, 2019 |

KPU Merauke Tetapkan Daftar Pemilih Tetap

Papua Selatan Penulis  Senin, 12 Oktober 2015 04:16 3
Beri rating artikel ini
(0 voting)

MERAUKE,ARAFURA,- Setelah pemutakhiran Daftar Pemilih Sementara (DPS) selesai dilakukan, Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Merauke, Jumat (9/10) melaksanakan rapat pleno penetapan Daftar Pemilih Tetap (DPT) pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Merauke Tahun 2015.

Dari hasil rapat pleno yang dihadiri ketua dan komisioner KPU, Panwaslu, 20 Panitia Pemilihan Distrik (PPD) serta saksi dari kedua pasangan calon ditetapkan DPT untuk Kabupaten Merauke sebanyak 158.755 pemilih, dengan rincian laki-laki sebanyak 82.382 pemilih dan perempuan 76.373 pemilih.
Jumlah tersebut mengalami pengurangan sekitar lima ribu lebih dari DPS yang berjumlah sebanyak 164.127 pemilih. Para pemilih tersebar di 20 panitia pemilihan distrik atau 446 Tempat Pemungutan Suara (TPS). Pemilih terbanyak ada di PPD Merauke sebanyak 74.505 pemilih dan paling sedikit ada di PPD Kaptel sebanyak 1.180 pemilih.
Ketua KPU Kabupaten Merauke, Antonius Kaize, mengatakan seharusnya DPT telah ditetapkan tanggal 2 lalu, tetapi karena adanya masukan dari tim sukses pasangan calon dan juga masyarakat maka pihaknya meminta rekomendasi dari Panwaslu untuk perpanjangan waktu satu minggu untuk pengecekan kembali terkait data-data yang dobol.

“Setelah satu minggu, dan kita rapat pleno DPS kita menjadi DPT berkurang lima ribu tiga ratusan. Artinya, yang dobol itu sudah banyak yang dicoret. Kemudian, ada dinamika yang terjadi itu hal yang biasa di dalam rapat pleno,”ungkap Anton.
Selanjutnya, ujar Anton, hanya dibuka tujuh hari kesempatan untuk mengakomodir DPT tambahan. Ini dilakukan hanya untuk mereka-mereka yang memang belum masuk dalam DPT. Setelah itu, kegiatan yang akan dilaksanakan oleh KPU Merauke adalah pencetakan surat suara dan formulir-formulir.
“Surat suara tetap akan dicetak mengikuti rumusan DPT ditambah 2,5 persen, dan DPT tambahan diharapkan menggunakan sisa surat suara,”terang Anton.
Sedangkan terkait dengan semakin dekatnya pelaksanaan pemungutan suara, Anton menekankan kepada penyelenggara Pemilu baik PPD, PPS maupun KPPS supaya mempersiapkan diri dengan baik. Kemudian, untuk masa kampanye yang saat ini tengah berlangsung diharapkan penyelenggara Pemilu tetap berkoordinasi dengan Panwaslu dalam melakukan pengawasan.
“Apabila ada rekomendasi dari Panwas, segera ditindaklanjuti. Kemudian, tepat hari pemungutan suara kita harap semua KPPS sudah terbentuk, logistik akan dikirim dan semua akan bekerja. Pokoknya, mereka dalam bertindak, berbuat, bekerja dan bertindak harus tetap menjaga asas Pemilu,”tegas Anton. (Suyatmadi)

Dibaca 1271 kali

3 comments

  • Comment Link Natalia Belekubun, S.Sos, M.Si 14/ 04/ 2019 posted by Natalia Belekubun, S.Sos, M.Si

    Saya mau tanya kenapa data nama" pemilihan tetap pakai dada lama dan kenapa tidak pakai data baru akibatnya nama" banyak tidak terdaftar jadi pemilu, akibatnya banyak jadi golput artinya banyak suara yg hilang.

  • Comment Link Natalia Belekubun, S.Sos, M.Si 14/ 04/ 2019 posted by Natalia Belekubun, S.Sos, M.Si

    Saya mau tanya kenapa data nama" pemilihan tetap pakai dada lama dan kenapa tidak pakai data baru akibatnya nama" banyak tidak terdaftar jadi pemilu, akibatnya banyak jadi golput artinya banyak suara yg hilang.

  • Comment Link Natalia Belekubun 14/ 04/ 2019 posted by Natalia Belekubun

    Saya Belum terdaftar pemilu

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.

INDEX