Bawa Dokumen Papua Merdeka, Jubir KNPB Sorong Diamankan Polisi | Pasific Pos.com

| 20 August, 2019 |

Bawa Dokumen Papua Merdeka, Jubir KNPB Sorong Diamankan Polisi

Headline Penulis  Senin, 16 Februari 2015 14:40 font size decrease font size increase font size 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)
Kabid Humas Polda Papua, Komisaris Besar Polisi Patrige
Kabid Humas Polda Papua, Komisaris Besar Polisi Patrige.

Jayapura,- Aktivis sekaligus Juru Bicara Komite Nasional Papua Barat Sorong berinisial YK, Minggu (15/2) pagi diamankan Polisi Kawasan Pelabuhan Laut Nabire ketika Kapal Dorolonda yang ditumpanginya sandar di Pelabuhan Samabusa Teluk Kimi, Nabire.
Dari tangan YK, polisi menyita dokumen diplomasi perjuangan Papua Merdeka Nasional maupun Internasional.  YK saat ini telah diamankan di Mapolres Nabire guna dimintai keterangannya.
Kabid Humas Polda Papua, Komisaris Besar Polisi Patrige saat dikonfirmasi membenarkan diamankanya aktivis yang juga Juru Bicara KNPB Sorong berinisial YK di Pelabuhan Samabusa, Nabire.
“Dia diamankan pukul 06.00 WIT tadi, ketika Kapal Dorolonda yang mereka tumpang sandar. Selain aktivis, YK juga berstatus sebagai mahasiswa UKIP Sorong,” jelasnya, Minggu (15/2).
Dari hasil interogasi awal, ungkap Patrige, YK mengaku datang bersama 14 aktivis KNPB Sorong dan Fakfak lainnya. Dalam rombongan ke-14 aktivis, YK mengaku terdapat Ketua KNPB Sorong dan  Ketua KNPB Fak-Fak. “Mereka dari Sorong hendak ke Nabire, termasuk 14 aktivis yang lolos,” katanya.
Patrige mengaku saat ini pihak kepolisian setempat telah mengantongi 12 identitas dari 14 aktivis KNPB yang lolos. Mereka yakni, KH,YK, YW,  JM, WM, WK, YA, OM, CJ, NK, MA dan MH. “Kalau 2 Ketua KNPB ini masih belum diketahui,” aku Patrige.
Saat ini, kata Patrige, Tim Gabungan TNI/Polri dipimpin Kabag Ops Polres Nabire masih melakukan identifikasi terhadap penumpang di Pelabuhan, yang dicurgai sebagai aktivis KNPB. “Mereka masih melakukan pemeriksaan, kalau barang bukti  kertas yang berisikan Diplomasi Perjuangan Papua Merdeka internasional maupun nasional, sudah diamankan,” katanya. (Syaiful)

Dibaca 431 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.