Dua Caleg DPRD Mimika Diciduk Polisi | Pasific Pos.com

| 20 August, 2019 |

Dua Caleg DPRD Mimika Diciduk Polisi

Headline Penulis  Senin, 05 Oktober 2015 03:04 font size decrease font size increase font size 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)
kabid humas polda papua patrige
Komisaris Besar Polisi Patrige.

 

Jayapura,- Dua Calon Legislatif Dewan Perwakilan Rakyat Daerah Mimika diciduk aparat Kepolisian Sektor Kuala Kencana, paska pengrusakan Kantor Bupati Mimika oleh sekelompok masyarakat, Jum’at (2/10) lalu.
Kedua Caleg tersebut ditengarai merupakan Caleg Fraksi Hanura dari Daerah Pemilihan 4 dan 1. Mereka yakni Jelianus Mom (35) warga Gorong-Gorong Bambung Kuning, Timika dan Yohanis Wantik (32) warga SP
1 Jalan Selatan Kampung Komoro Jaya, Timika.
Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Papua, Komisaris Besar Polisi Patrige menyebutkan, dari hasil olah Tempat Kejadian Perkara (TKP) oleh Identifikasi Reskrim Polres Mimika, pihaknya mengamankan kursi lipat yang diduga digunakan masyakat untuk merusak Kantor Bupati.
“Alat yang digunakan untuk memecahkan kaca adalah kursi lipat warna merah dan bukan menggunakan batu, hal ini berdasarkan hasil olah TKP. Kursi ini ditemukan diruangan Bagian Pemerintahan,” jelas Patrige, Minggu (4/10).
Pengrusakan ini sediri, ungkap Patrige, diduga bentuk kekesalan para Caleg yang belum juga mendapat penjelasan tentang waktu pelantik sebagai anggota DPRD Mimika. Dimana, Massa sempat berorasi di depan halaman gedung utama guna menuntut pemerintah segera keluarkan SK Pelantikan.
“Menurut informasi saksi Martina Simbika, Petugas Satpol PP, sebelum terjadi pengrusakan, yang mana para Caleg mendatangi Kantor Sentra Pemerintahan Kabupatan Mimika Bagian Pemeritahan guna menanyakan kepada Kabag Pemerintahan terkait kapan pelantikan anggota DPRD Mimika terpilih. Tak lama kemudian, beberapa orang mengambil kursi dan memecahkan kaca kantor Bupati Mimika,” ungkapnya.
Sementara itu, Bupati Mimika Eltinus Omaleng menegaskan bahwa kejadian ini adalah murni criminal. Ia pun mendesak kepolisian memproses hokum 35 caleg, termasuk pimpinannya, Saleh Alhamid dan Elminus Mom.
“Kantor ini Kantor Pemerintahan bukan untuk menyelesaikan masalah politik, masalah politik diselesaikan di parlemen. 35 caleg harus dipenjarakan, termasuk pimpinannya Saleh Alhamid dan Elminus Mom,” tegas Eltinus ketika menemui Sekda Mimika Ausilius You di Kantor Sentra Pemerintahan, paska kejadian. (Syaiful)

Dibaca 1034 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.

INDEX