Dalam Waktu Dekat Pansus 14 Kursi DPRP Akan Umumkan Nama Calon Yang Masuk 5 Besar | Pasific Pos.com

| 19 July, 2019 |

Dalam Waktu Dekat Pansus 14 Kursi DPRP Akan Umumkan Nama Calon Yang Masuk 5 Besar

Headline Penulis  Selasa, 29 September 2015 22:26 font size decrease font size increase font size 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)
Emus Gwijangge 14 kursi
Ketua Pansus 14 Kursi DPRP, Emus Gwijangge.

 

“Sebanyak 18 Calon Pansel 14 Kursi Ikut Tes Kesehatan”

Jayapura : Sebanyak 18 dari 20 orang calon anggota Panitia Seleksi (Pansel) Provinsi 14 kursi yang lolos ke tahap berikutnya, telah mengikuti tes kesehatan yang dilakukan oleh Pansus 14 Kursi DPR Papua di RSUD Dok II Jayapura, Senin (28/9) kemarin.
Ketua Pansus 14 Kursi DPRP, Emus Gwijangge mengatakan, dari 81 orang yang dinyatakan lolos pemberkasan lalu,  hanya 20 orang diantaranya dinyatakan masuk ke tahap berikutnya. Namun ketika tes wawancara akhir pekan lalu hingga tes pembuatan karya ilmiah dan tes kesehatan, Senin (28/9), hanya ada 18 orang yang ikut  yang dua orang tidak hadir.
"Ketika tes wawancara hanya diikuti 19 orang. Satu orang perwakilan akademisi yakni Moses Yomungga, SE.MM tak ikut. Pada tes karya ilmiah dan tes kesehatan, hanya 18 orang yang ikut. Moses Yomungga, SE.MM masih tak ikut, dan satu lagi perwakilan LSM, Yulianus Septer Manufandu, S.Pt tak ikut," kata Emus kepada pacific Pos  usai  di RSUD Dok II Jayapura, Senin (28/9).
Menurutnya, dalam  tes kesehatan para calon diperiksa kondisi kesehatannya serta kejiwaan mereka.  Dan jika proses itu telah
rampung, kemungkinan, Rabu (30/9) mendatang, Pansus 14 Kursi akan melakukan pleno  untuk penetapan 10 besar  setelah itu sudah bisa kita umumkan 10 nama yang masuk 10 besar.  Namun dari jumlah itu, akan diseleksi lagi  hingga hanya terpilih lima orang sebagai anggota Pansel.
"Kemungkinan, Jumat (2/10), kami sudah bisa umumkan lima nama yang lolos. Dari hasil tes wawancara dan pembuatan karya ilmiah, kami menilai kemampuan para calon berimbang. Memang ada beberapa hal yangkami nilai kurang, tapi saya belum bisa sebutkan, “ jelas Emus.
Dikatakannya,  dari 20 calon anggota panitia seleksi  yang  tadi kita serahkan itu ada dari Akademisi 4 orang,  agama 6 orang, LSM 10 orang, jadi semua 20 calon.
“Lima orang anggota Pansel Provinsi yang terpilih nantinya, dua orang merupakan perwakilan LSM, dua akademisi, dan satu lembaga keagamaan.
Namun proses ini berjalan dengan baik sehingga kami berharap dalam pemeriksaan kesehatan, wawancara dan juga pembuatan karya ilmiah  ini jika ada yang gugur harus diterima saja karena itu konsekuensinya sehingga mereka tidak harus protes lagi. Karena lima orang yang akan kami pilih itu adalah orang-orang  terbaik, “ ucapnya.
Emus menambahkan, masa kerja kami hanya sampai pada 2 Oktober 2015 mendatang. Nantinya kami akan umumkan lima orang yang lolos, dan akan diserahkan ke Badan Musyawarah (Bamus) DPRP untuk ditetapkan. Setelah itu direkomendasikan ke Gubernur Papua untuk di SK kan.
“Mekanisme pengangkatan seleksi ini memang tidak asal-asalan karena pemilihan ini sangat ketat dan memang kita proses dari awal sampai detik ini juga tidak ada yang protes. Mereka harus punya jiwa besar jika tidak lolos dalam seleksi ini karena mereka juga memang menyadari akan kekurangan mereka karena secara administrasi pasti ada yang gugur. Sebab jika kita mau menetapkan semua itu tidak akan cukup. Dan sesuai aturan dalam Perdasus itu hanya lima orang saja,  “ terangnya. (Tiara)

Dibaca 519 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.