Bea Cukai Jayapura Gagalkan Penyelundupkan 4 Kg Shabu dari PNG | Pasific Pos.com

| 22 July, 2019 |

Bea Cukai Jayapura Gagalkan Penyelundupkan 4 Kg Shabu dari PNG

Headline Penulis  Rabu, 16 September 2015 08:16 font size decrease font size increase font size 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

Ganja asal PNG.

 

Jayapura,- Petugas Bea Cukai Jayapura berhasil menggagalkan penyelundupan 4 Kg narkoba jenis shabu  milik seorang wanita warga
Indonesia berinisial MZ (40) di Perbatasan Wutung RI-Papua Nugini, Selasa (15/9) sore. Shabu yang diselundupkan dari Papua Nugini itu ditafsir bernilai Rp 1,5 Miliar.
Kepala Kantor Bea Cukai Jayapura, Encep Dudi Ginanjar  dalam keterangan persnya menyebutkan,  shabu asal PNG ini rencananya akan
diselundupkan oleh MZ ke Jakarta. “Dari pemeriksaan awal  terhadap MZ, dia mengaku shabu seberat 4 kg ini akan dibawa ke Jakarta,” terang Dudi dalam keterangan persnya, Selasa (15/9) malam.
Tertangkap penyelundupan shabu ini, papar Dudi,  bermula darikecurigaan petugas Bea Cukai di Perbatasan RI-PNG terhadap dua koper
milik MZ yang dimodifikasi. Dalam pemeriksaan melalui mesin X-Ray, timbul indikais keanehan, sehingga langsung dibuka oleh petugas. “Ketika pemeriksaan fisik, petugas menemukan 4 paket shabu masing-masing jenis amphetamine dan metapethanmine, dalam dua koper.
Kalau diuangkan bisa bernilai Rp 1,5Miliar,”  kata Dudi. Berdasarkan pengakuannya, lanjut Dudi, MZ mengaku baru kali pertama
menyelundupkan shabu dari PNG. Namun, pihaknya mengindikasi penyelundupkan yang dilakukan MZ, bukan kali pertama.
Apalagi, ungkap Dudi, MZ dinyatakan positif sebagai pengguna narkoba jenis shabu. “Pelaku mengaku baru sekali, namun kami duga lebih. MZ sendiri sesuai data Paspornya tercatat sebagai warga Ciamis, Jakarta Timur dengan kelahiran 7 Januari 1974. Ia juga dinyatakan positif sebagai pengguna,” bebernya.

Dudi menambahkan pihaknya akan menyerahkan pelaku bersama barang bukti 4 kg shabu ke Polda Papua untuk diproses lebih lanjuu. MZ disangka melanggar Undang-Undang Narkotika Nomor 35 tahun 2009.
Sementara itu, Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda Papua, Komisaris Besar Polisi Patrige saat dikonfirmasi membenarkan adanya
informasi diamankan seorang wanita berinisial MZ yang diduga membawa shabu di Perbatasan RI-PNG.
“Memang benar ada informasi tersebut dan sekarang yang bersangkutan telah dibawa ke Bea Cukai Jayapura untuk pemeriksaan lebih lanjut,” terang Patrige, Selasa (15/9).
Tertangkapnya MZ, terang Patrige, bermula ketika petugas Perbatasan melakukan pemeriksaan terhadap koper milik MZ dengan menggunakan alat X-Ray. Namun dalam pemeriksaan yang dilakukan secara berulang kali, mesin X-Ray mengindikasi adanya benda aneh didalam koper tersebut.
Atas kecurigaan itu, lanjutnya, petugas langsung membuka koper dan menemukan serbuk putih yang diduga merupakan narkoba jenis shabu seberat 2 Kg. “Benda yang ditemukan berbentuk serbuk putih dan sekarang telah dibawa ke Bea Cukai,” imbuhnya. (Syaiful)

Dibaca 454 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.