Dandim 1710/Mimika Terima Kedatangan Komnas HAM | Pasific Pos.com

| 22 August, 2019 |

Dandim 1710/Mimika Terima Kedatangan Komnas HAM

Headline Penulis  Rabu, 09 September 2015 23:58 font size decrease font size increase font size 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

Timika,  Komnas HAM berkunjung ke Mimika terkait insiden penembakan yang dilakukan oleh anggota TNI terhadap masyarakat di Jl. Bhayangkara pada 28 Agustus 2015 lalu yang mengakibatkan korban meninggal dan luka tembak telah mendorong beberapa pihak untuk menyelidiki latar belakang terjadinya tragedi tersebut. Tim Komnas HAM yang dipimpin Natalius Pigai bersama empat orang stafnya pada Rabu kemarin  tiba di Makodim 1710/Mimika disambut oleh Dandim 1710/Mimika Letkol Inf Andi Kusworo beserta staf kemudian untuk melaksanakan pertemuan serta mencari keterangan tentang insiden tersebut.
Dalam pertemuan dengan Tim Komnas HAM Dandim 1710/Mimika Letkol Inf Andi Kusworo menjelaskan serta memberikan keterangan secara transparan dan terbuka tentang kronologis singkat kejadian tersebut. Disamping itu Dandim juga menjelaskan bahwa proses penanganan hukum terhadap kedua pelaku masih berlangsung serta tindakan dan komitmen Kodim 1710/Mimika dalam membantu para korban sudah dilaksanakan sebagai bentuk tanggung jawab serta perhatian kemanusiaan dengan cara memberikan santunan, bantuan logistik, pengobatan, donor darah, Karya Bhakti dan pembuatan makam para korban.
Setelah mendengarkan penjelasan dari Dandim 1710/Mimika, Tim Komnas Ham merasa sangat puas karena Dandim sangat terbuka dalam memberikan keterangan dan secara gentleman mengakui bahwa anggotanya salah. Tim Komnas HAM juga menilai bahwa sikap terbuka tersebut dapat memberikan citra positif bagi TNI dan Indonesia kemudian berharap penegakan hukum dapat dilaksanakan dengan baik dalam menindaklanjuti kasus ini. (Fani)

Dibaca 634 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.

INDEX