Pemkab Jayapura Anggarkan Rp2,1 Miliar untuk Iuran Jamkesda UHC | Pasific Pos.com

| 21 January, 2020 |

Mathius Awoitouw bersama Djamal Adriansyah usai penandatanganan perpanjangan kerjasama Jamkesda UHC. Mathius Awoitouw bersama Djamal Adriansyah usai penandatanganan perpanjangan kerjasama Jamkesda UHC.

Pemkab Jayapura Anggarkan Rp2,1 Miliar untuk Iuran Jamkesda UHC

Kabupaten Jayapura Penulis  Minggu, 15 Desember 2019 15:33 font size decrease font size increase font size 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

Jayapura  - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Jayapura berkomitmen melakukan penandatanganan perpanjangan perjanjian kerja sama Jaminan Kesehatan Daerah (Jamkesda) Universal Health Coverage (UHC) tahun 2020

Penandatanganan perpanjangan kerjasama tersebut telah dilakukan di Kantor Bupati Jayapura pada Selasa lalu.

Bupati Kabupaten Jayapura, Mathius Awoitauw, menyampaikan penganggaran awal iuran Jamkesda UHC Kabupaten Jayapura adalah sebesar Rp2,1 miliar.
Berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 75 Tahun 2019 tentang Perubahan atas Peraturan Presiden Nomor 82 Tahun 2018 tentang Jaminan Kesehatan bahwa terdapat penyesuaian iuran JKN-KIS bagi penduduk yang didaftarkan oleh pemda dari Rp23.000,- per jiwa per bulan menjadi Rp 42.000,- per jiwa per bulan.

Jumlah peserta awal penduduk yang didaftarkan oleh Pemkab Jayapura dalam Program JKN-KIS sampai dengan bulan Desember 2019 adalah sebesar 7.905 jiwa sehingga masih terdapat kekurangan alokasi anggaran iuran Jamkesda UHC tahun 2020 sebesar Rp1,8 miliar, berdasarkan Peraturan Presiden Nomor 75 Tahun 2019.

“Terkait kekurangan alokasi dan kebutuhan anggaran iuran Jamkesda UHC tersebut, Pemerintah Daerah Kabupaten Jayapura akan melakukan penganggaran pada periode anggaran perubahan tahun 2020 untuk memastikan dijaminkannya jaminan kesehatan sejumlah 7.905 jiwa penduduk kabupaten Jayapura dengan skema UHC,” ujar Mathius.

Mathius berharap  dengan perpanjangan Jamkesda ini dapat memberikan dampak positif kepada pemerintah daerah dan masyarakat di Kabupaten Jayapura. Selain itu, hal ini dapat mendukung keberlangsungan Program JKN-KIS sebagai bentuk komitmen dan dukungan penuh dari pemda Kabupaten Jayapura guna mensejahterakan masyarakat.

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Jayapura, Djamal Adriansyah sangat mengapresiasi atas komitmen Pemkab Jayapura dan mengucapkan terimakasih kepada semua stakeholder serta dinas terkait di daerah yang telah ikut berperan aktif dalam mendukung terselenggaranya Program Jaminan Kesehatan Nasional - Kartu Indonesia Sehat (JKN-KIS) Khususnya di Kabupaten Jayapura.

“Kami sangat mengapresiasi langkah konsisten Pemkab Jayapura dalam memberikan dukungan secara berkelanjutan terhadap implementasi Program JKN-KIS di Kabupaten Jayapura. Semoga komitmen Pemerintah Jayapura ini dapat menjadi inspirasi serta motivasi bagi Pemda lainnya yang sudah maupun yang akan melanjutkan Jamkesda di tahun 2020,” kata Djamal. (Zulkifli)

Dibaca 87 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.

Trending Topik