Kreatif, SMPN Buti Kemas Ulangan Semester Di Alam Terbuka | Pasific Pos.com

| 22 January, 2020 |

Para siswa saat mengerjakan tugas (foto:ist) Para siswa saat mengerjakan tugas (foto:ist)

Kreatif, SMPN Buti Kemas Ulangan Semester Di Alam Terbuka

Papua Selatan Penulis  Senin, 09 Desember 2019 23:04 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

MERAUKE,ARAFURA,-SMPN Buti belum lama ini mengemas ulangan semester dengan cara yang berbeda sebab dilakukan di alam terbuka. Jadi semua mata pelajaran menggabungkan antara unsur inteligensia, fisik dan mental dalam bentuk permainan yang efektif. Sasaran utama adalah pembentukan karakter dan sikap pantang menyerah dan mampu mencari solusi atas tantangan atau problem yang ada.

Kepala SMPN Buti, Pascalis Tethool kepada ARAFURA News via telepon seluler mengemukakan bahwa setiap kelompok terdiri atas 10 siswa dan  setiap orang fokus dengan tugasnya masing-masing. Ada yang bertindak sebagai ketua kelompok, pengukur jarak, waktu, penentu arah, fotografer, pembawa bendera, jubir, pembawa karung sampah dan admin. Pasalnya seluruh perintah, seperti arah jalan, dan soal-soal pelajaran semua diatur lewat HP.

Hal ini dimaksudkan agar siswa dapat menggunakan HP secara positif dan kreatif. Ia menambahkan, perjalanan menuju tujuan akhir di pandu dengan HP dan setiap kelompok harus mencari jawaban sebagai password untuk bisa melanjutkan ke tahap berikutnya. Jawaban tersebut, baik secara personal atau kelompok dishare ke group outbond via HP.  Begitu pula seluruh aktifitas, baik  jawaban, peta lokasi, foto maupun video wawancara di kantar-kantor juga dishare lewat HP.  

Setiap 3 kelompok didampingi 2 guru sebagai pemberi nilai soal kedisiplinan, kerjasama, ulet, mandiri, kesopanan dan nilai-nilai karakter lainnya. Sedangkan setiap guru mata pelajaran bisa langsung menilai berdasarkan jawaban yang dikirim lwt HP. “Sungguh menyenangkan melihat semua siswa aktif dan penuh sukacita. Walaupun cuaca panas terik, tidak mengurangi semangat mereka,”pungkasnya.

Dibaca 58 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.

Trending Topik