Kompaknya Fisip Unmus Deklarasikan Noken’s Day | Pasific Pos.com

| 22 January, 2020 |

Keluarga besar Fisip saat menunjukkan Noken yang dipakai (foto:iis) Keluarga besar Fisip saat menunjukkan Noken yang dipakai (foto:iis)

Kompaknya Fisip Unmus Deklarasikan Noken’s Day

Papua Selatan Penulis  Senin, 09 Desember 2019 22:59 0
Beri rating artikel ini
(2 voting)

MERAUKE,ARAFURA,-Bukan Fisip namanya jika tanpa gebrakan-gebrakan positif, sebab belum lama ini keluarga besar Fisip Unmus kembali melakukan terobosan baru dalam rangka peringatan Hari Noken Sedunia tahun ini. Fisip kompak mend

klarasikan ‘Noken’s Day’ yang dipusatkan di Gazebo dan dihadiri oleh seluruh civitas akademika Fisip. Tidak hanya deklarasi, fakultas yang saat ini dinahkodai oleh Dr.Fitriani, M.Si itu juga mengemas acara dengan menonjolkan nuansa khas Papua, antara lain dengan menyuguhkan menu khas Papeda dan menari Yospan bersama.

Dalam sambutannya, Dr.Fitriani mengemukakan bahwa deklarasi tersebut sebenarnya direncanakan sejak tahun lalu namun karena berbagai factor sehingga baru terlaksana tahun ini. Menurutnya penting untuk melakukan kegiatan-kegiatan yang mengarah pada pelestarian Noken terutama dilakukan oleh orang-orang Papua itu sendiri serta yang lahir dan besar di Papua. Salah satu yang dilakukan adalah dengan deklarasi Noken’s Day yang digagas oleh jajaran Fisip Unmus. Namun Fisip tidak hanya fokus pada masalah Noken saja tetapi sudah ada hari khusus yang di dalamnya diterapkan tentang ciri khas Papua.
Dalam hal ini Fisip telah menerapkan ‘Papua Day’ setiap Hari Kamis dengan mewajibkan seluruh dosen dan mahasiswa mengenakan atribut Papua atau Batik Papua. Tahun ini Fisip menambah lagi satu terobosan baru dimana seluruh civitas akademika Fisip wajib mengenakan Noken. Ia berharap langkah yang ditempuh oleh Fisip ini dapat diikuti oleh fakultas yang lain  bahkan dengan cakupan yang lebih luas, dilaksanakan pula oleh jajaran Pemda. Tidak menutup kemungkinan ada hari khusus yang ditetapkan untuk penggunaan Noken dalam rangka peringatan Hari Noken Sedunia.

Menurut Fitriani, hampir semua orang tentu mengenal Noken dan Fisip berupaya ikut andil untuk melestarikannya. Fisip memiliki tanggung jawab moril untuk andil dalam pelestarian budaya sesuai dengan visi misi yang diemban, yaitu mendukung kearifan lokal. “Mudah-mudahan kita bisa menularkan hal baik kepada teman-teman yang lain, sebab kalau bukan kita siapa lagi dan kalau bukan sekarang lalu kapan lagi? Ini adalah tanggung jawab bersama untuk melestarikan budaya kita sendiri,”ujarnya.

Sementara itu Asisten III Setda Kabupaten Merauke, Anacletus Mambol menyampaikan bahwa pemda sangat mengapresiasi langkah yang telah dilakukan oleh Fisip Unmus dalam deklarasi tersebut karena Noken merupakan identitas diri kita sehingga tidak boleh dilupakan. Oleh sebab itu ia mengucapkan terima kasih kepada Fisip yang telah menggagas sebagai upaya untuk mempertahankan apa yang menjadi identitas kita khususnya daerah ini. “Mungkin kita kerap merasa keren ketika bisa menggunakan tes merk dari Italia namun sebenarnya yang keren itu justru Noken kita. Oleh sebab itu kita harus membudayakan rasa cinta kepada Noken,”terangnya.

Dibaca 159 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.

Trending Topik