Terkait Sejumlah Perubahan, Unmus Gelar Sosialisasi Lebih Awal | Pasific Pos.com

| 21 January, 2020 |

Para guru dan operator saat mengikuti kegiatan (foto:iis) Para guru dan operator saat mengikuti kegiatan (foto:iis)

Terkait Sejumlah Perubahan, Unmus Gelar Sosialisasi Lebih Awal

Papua Selatan Penulis  Selasa, 03 Desember 2019 22:51 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

MERAUKE,ARAFURA,-Pihak Unmus  belum lama ini kembali menggelar sosialisasi dan promosi SNMPTN, UTBK  dan SBMPTN tahun 2020 yang diikuti oleh sejumlah guru SMA, SMK/MA, tenaga operator dan perwakilan Dinas Pendidikan dari Kabupaten Merauke, Asmat, Boven Digoel dan Mappi. Kegiatan tersebut bertempat di Coreinn Hotel  dan dibuka secara resmi oleh Warek 1 Unmus,  Maria V.I.Herdjiono. Untuk tahun 2020 memang ada beberapa perubahan yang dilakukan dan tentunya berdasarkan hasil evaluasi dari pelaksanaan tahun 2019.

Oleh sebab itu sejumlah hal baru turut dimasukkan sehingga dipandang perlu untuk diinformasikan kepada sekolah agar proses pendaftaran PDSS, SNMPTN, UTBK dan SBMPTN dapat berjalan dengan baik. Dalam sambutannya, ia mengemukakan bahwa sosialisasi yang digelar memiliki arti penting dan perlu dipahami lebih awal karena ada sejumlah perubahan dalam mekanisme yang berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya.  Sosialisasi ini dilakukan oleh Lembaga Tes Masuk Perguruan Tinggi Negeri (LTMPT) yang merupakan sebuah lembaga yang didirikan oleh kementerian di tingkat pusat dan berfungsi untuk menyelenggarakan tes dan memperoleh nilai.

Selanjutnya nilai tersebut digunakan oleh calon mahasiswa untuk mendaftar di universitas.  Namun yang melaksanakan seleksi tetap dari pihak rektor di masing-masing universitas.  “Jadi fungsi LTMPT hanya sebagai lembaga penyelenggara tes untuk memperoleh nilai dan selanjutnya akan disampaikan kepada PTN untuk ditindak lanjuti,”jelasnya. Dari serangkaian fungsi LTMPT tersebut, ada beberapa mekanisme yang harus dilakukan dimana beberapa hal memang telah mengalami perubahan, seperti pelaksanaan seleksi yang sekarang dilakukan oleh sekolah.

Misalnya saja ketika jatahnya ada 20 orang maka hanya 20 siswa itu saja yang dimasukkan. Maria juga menyampaikan tentang informasi penting lainnya yang menyangkut penerimaan mahasiswa baru seperti masalah portofolio dan kondisi di daerah yang bersangkutan, khususnya daerah yang masih mengalami kendala dalam hal jaringan.

 Oleh sebab itu hal ini harus disampaikan lebih awal sehingga ada waktu untuk mempersiapkan diri, ditambah lagi dengan adanya jadwal yang harus diselesaikan segera di Bulan Desember sehingga hal ini menjadi sebuah tantangan tersendiri.  Baik jadwal LTMPT maupun jadwal yang harus dilaksanakan oleh sekolah. “Sosialisasi ini akan terus berlanjut karena akan dilakukan lagi sosialisasi tahap kedua guna mengetahui jika ada kendala yang dihadapi sekolah maka masih bisa didiskusikan,”tukasnya.

Dibaca 46 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.

Trending Topik