Giliran Guru Ikut Penyuluhan Bahasa Indonesia | Pasific Pos.com

| 21 January, 2020 |

Para guru saat mengikuti penyuluhan (foto:iis) Para guru saat mengikuti penyuluhan (foto:iis)

Giliran Guru Ikut Penyuluhan Bahasa Indonesia

Papua Selatan Penulis  Selasa, 26 November 2019 04:38 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

MERAUKE,ARAFURA,-Pengkaji Kebahasaan dan Kesastraan Balai Bahasa Papua, Esther Rita Embram, S.S mengemukakan bahwa Balai Bahasa Papua telah melakukan berbagai program kegiatan  di 33 kabupaten/kota termasuk di Papua Barat mengingat Provinsi Papua Barat juga masuk dalam wilayah kerja Balai  Bahasa Papua. Untuk Kabupaten Meraukepun demikian, kegiatan sudah rutin dilakukan sejak beberapa tahun lalu, selain pemartabatan Bahasa Indonesia di ruang publik , ada pula kegiatan bengkel sastra dan penyuluhan. Kali ini yang dibidik adalah para guru SD dan SMP se-Kabupaten Merauke karena Bahasa Indonesia diperuntukkan untuk semua bidang studi.

Pada penyuluhan tersebut fokus pada beberapa hal penting mulai dari pilihan kata, paragrap, kalimat dan lain sebagainya hingga pada tahapan tes. Namun sebelum penyuluhan juga telah dilakukan tes awal guna mengetahui sejauh mana penguasaan para guru mengenai Bahasa Indonesia. Selanjutnya dari hasil tes tersebut, para penyuluh dapat melihat dan bisa menentukan materi awal yang akan disampaikan sehingga lebih memperdalam pemahaman para guru.

Menurutnya penyuluhan ini penting diikuti oleh guru SD karena sebagai pondasi awal bagi anak-anak dalam mengenal Bahasa Indonesia.  “Jadi para guru sebelum mengajar harus lebih paham sehingga kaidah yang digunakan bagi anak didik memang tepat. Sebab banyak orang yang menilai bahwa Bahasa Indonesia itu sangat mudah padahal tidak demikian. Oleh sebab itu perlu menumbuhkan ketrampilan guru dalam penguasaan Bahasa Indonesia, baik dalam pilihan kata maupun paragraph yang benar,”jelasnya kepada wartawan di sela-sela kegiatan di Coreinn Hotel belum lama ini.

Dibaca 52 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.

Trending Topik