Pasca Pelantikan, Sejumlah Hal Penting Akan Jadi Fokus | Pasific Pos.com

| 20 January, 2020 |

Proses pengambilan sumpah janji para pimpinan DPRD (foto:iis) Proses pengambilan sumpah janji para pimpinan DPRD (foto:iis)

Pasca Pelantikan, Sejumlah Hal Penting Akan Jadi Fokus

Papua Selatan Penulis  Senin, 25 November 2019 01:47 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

MERAUKE,ARAFURA,-Ketua DPRD Kabupaten Merauke, Ir.Drs.Benjamin Izaac R.Latumahina mengemukakan bahwa beberapa hal akan menjadi fokus perhatian dan akan ditindak lanjuti secara cepat setelah pelantikan pimpinan dilaksanakan, di antaranya pembahasan RAPBD tahun 2020 bersama Pemda, masalah beras yang belum terserap, kelangkaan BBM, kursi afirmatif dan yang tidak kalah penting adalah tentang pemekaran Provinsi Papua Selatan (PPS).  

Soal PPS perlu direspon serius oleh pejabat-pejabat pemerintah daerah, segenap tokoh masyarakat,  komponen masyarakat di selatan Papua secara arif dan bijak. Sekiranya pemekaran PPS ini didukung oleh segenap komponen masyarakat Papua Selatan untuk ditindaklanjuti dan perlu dilakukan langkah-langkah konkrit seperti pembentukan tim untuk melengkapi semua persyaratan sebagaimana diisyaratkan dalam peraturan perundang-undangan.

“Selain itu menurut hemat kami diperlukan aksi-aksi atau gerakan yang mendukung PPS. Sebagai lembaga politik perwakilan rakyat, kami siap untuk memberikan dukungan politik 4. Saya secara pribadi dan juga atas nama lembaga ini memberikan apresiasi kepada tua-tua adat Malind yang memperjuangankan kursi afirmatif dilembaga ini secara santun dan bermartabat dengan cara menggelar tikar adat upaya yang dilakukan sebagai bentuk keprihatinan tua-tua adat,”jelasnya pada pelantikan pimpinan DPRD Merauke periode 2019-2024 di Kantor DPRD Sabtu lalu. Ia menjelaskan bahwa setelah melihat keterwakilan OAP di lembaga ini jumlahnya sangat sedikit. Sebagai bentuk tanggung jawab moril maka  segenap anggota dewan akan memperjuangkan ke pemerintah pusat bersama-sama dengan perwakilan masyarakat adat.  Oleh sebab itu pihaknya memohon doa restu agar perjuangan mulia ini mendapat respon positif dari pemerintah pusat.

Sementara itu Bupati Merauke, Frederikus Gebze menyampaikan selamat mengabdi dan mengemban amanah guna mengentaskan berbagai persoalan antara lain, menjaga kedaulatan politik bangsa serta merealisasikan kemandirian ekonomi dengan selalu memperhatikan budaya dan kearifan lokal. Dengan dilantiknya pimpinan DPRD Merauke maka lengkaplah sudah unsur penyelenggaraan pemerintahan daerah dan dengan pengalaman yang para anggota miliki diharapkan dapat bersinergi dan lebih cepat mengkonsolidasikan semua proses pengambilan keputusan melalui proses demokrasi sesuai mekanisme yang berlaku dengan mengedepankan asas musyawarah dan mufakat.

Dibaca 68 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.

Trending Topik