Bank Papua Melibatkan Binaan dalam Festival Kopi Papua 2019 | Pasific Pos.com

| 21 January, 2020 |

Stand mitra binaan Bank Papua dalam Festival Kopi Papua 2019. Stand mitra binaan Bank Papua dalam Festival Kopi Papua 2019.

Bank Papua Melibatkan Binaan dalam Festival Kopi Papua 2019

Ekonomi & Bisnis Penulis  Jumat, 22 November 2019 02:37 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

Jayapura – PT Bank Pembangunan Daerah Papua (Bank Papua) melibatkan binaannya dalam Festival Kopi (Feskop) Papua 2019 yang diselenggarakan oleh Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Papua.

Kepala Divisi Bisnis Usaha Mikro Kecil dan Consumer Bank Papua, Bram Krey mengatakan, pada Feskop kali ini pihaknya mengikutsertakan mitra binaan dari tiga daerah di Papua yakni Kota Jayapura, Kabupaten Dogiyai dan Kabupaten Kepulauan Yapen.

Untuk mitra binaan dari Kota Jayapura atas nama Yafeth S.Wetipo yang berprofesi sebagai pengepul kopi dan merupakan binaan Bank Papua Cabang Abepura, Kota Jayapura.

Sementara, binaan lainnya yaitu pengurus Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Mandai Serui menampilkan kopi jenis robusta Ambaidiru. BUMDes ini salah satu penerima bantuan Corporate Social Responsibility (CSR) berupa pengupas biji kopi.

Nikolaus Tekege, binaan Bank Papua yang diikutsertakan dalam festival tersebut merupakan Kepala Kampung Modio di Kabupaten Dogiyai, dan petani kopi David Tekege yang menampilkan kopi Moanemani dari Kampung Modio, Kabupaten Dogiyai. “Kampung ini salah satu binaan Bank Papua yang menerima CSR berupa alat pengupas biji kopi, “imbuhnya.

Bram mengatakan, pelaksanaan Feskop Papua kali ini, Bank Papua menampilkan lebih banyak varian kopi dan stok lebih banyak. Dari Dogiyai kopi green bean (biji kopi mentah) 120 Kilogram (Kg), kopi Ambaidiru Serui green bean sebanyak 60 Kg, dan green bean dari Yahukimo 3 Kg dan kopi roasting (kopi yang sudah dibakar) 5 Kg.

Tahun lalu, kata Bram, Bank Papua mengikutsertakan mitra binaan yang mengolah biji kopi dari Pegunungan Bintang tepatnya dari Distrik Kiwirok, kopi Ambaidiru dan kopi Wamena.

Pihaknya berharap dengan diikutsertakan petani kopi di Feskop Papua 2019 dapat menjadi motivasi dan menjembatani petani lokal di wilayah pegunungan dan pengusaha kopi di wilayah Jayapura khususnya, Indonesia pada umumnya.

Ketua BUMDes Mandai Serui, Titus Rawai menyampaikan apresiasi kepada Bank Papua karena selain membina dengan cara memberi bantuan berupa alat pengupas biji kopi dan kemasan kopi serta kredit usaha rakyat (KUR), Bank Papua juga mengikutsertakan dalam Feskop tahun ini.

Feskop Papua 2019 berlangsung selama tiga hari pada 21-23 November 2019. (Zulkifli)

Dibaca 184 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.

Trending Topik