Sekda Himbau Penerapan SPBE Dimaksimalkan | Pasific Pos.com

| 11 December, 2019 |

Para peserta saat mengikuti kegiatan (foto:iis) Para peserta saat mengikuti kegiatan (foto:iis)

Sekda Himbau Penerapan SPBE Dimaksimalkan

Papua Selatan Penulis  Selasa, 19 November 2019 23:47 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

MERAUKE,ARAFURA,-Sekda Merauke, Drs. Daniel Pauta membuka workshop Sistim Pemerintahan Berbasis Elektronik (SPBE) tentang aplikasi Absensi Elektronik Pemerintahan (e-absen) dan sistim informasi administrasi distrik/kelurahan /kampung dipusatkan di  Megaria Hotel, Senin (18/11). Dalam sambutannya Sekda meminta kepada kepala distrik dan para lurah untuk dapat mengikuti workshop dengan baik dan dipersilahkan untuk menerapkannya namun tetap harus diperkuat dengan dasar hukum yang resmi. Aplikasi ini boleh saja untuk diterapkan namun harus benar-benar memberikan manfaat untuk jangka panjang, tidak hanya dalam waktu singkat karena itu sama saja dengan melakukan pemborosan anggaran. “Oleh sebba itu saya berharap agar apa yang dilakukan bisa dimaksimalkan sehingga manfaatnya juga bisa kita rasakan.

Sebab jika sudah berbasis elektronik maka ada tiga hal yang akan menguntungkan, yaitu adanya transparansi serta penghematan biaya dan tenaga. Hal-hal ini jika dapat dilakukan dengan baik pasti akan mampu memberikan manfaat yang cukup signifikan, baik bagi kita sebagai abdi negara maupun masyarakat yang kita layani,”jelas Sekda.

Bahkan suatu saat nanti, masyarakat juga tidak perlu repot untuk datang ke kantor atau dinas tertentu jika ada keperluan namun semua bisa lebih mudah dengan adanya layanan berbasis elektronik ini,  bahkan bisa dilakukan dari rumah. Sementara itu Robeca Iwong selaku ketua panitia menyampaikan bahwa peserta yang dilibatkan merupakan perwakilan dari 30 SKPD, bagian Setda Distrik Merauke dan 11 kelurahan. Adapun materi yang lebih ditonjolkan antara lain penerapan absensi elektronik, penerapan SPBE, pelatihan absensi online dan pelatihan sistim informasi administrasi distrik/kelurahan.

“Kami dari Dinas Kominfo ingin mengajak peserta untuk menjadi pelaksana atau pelaku dari penerapan SPBE itu sendiri. Sebab sistem ini harus diterapkan sampai ke tingkat pemerintahan yang ada di kabupaten, kota, distrik hingga kelurahan,”ujarnya. Oleh sebab itu para peserta akan diberikan pemahaman untuk dapat memanfaatkan fasilitas tersebut sehingga memiliki manfaat dalam pelaksanaan tugas di masing-masing instansi dan masyarakatpun merasa puas dengan pelayanan yang diberikan.

Dibaca 41 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.