Wabup Jayapura Resmikan Galeri Kenambai Umbai | Pasific Pos.com

| 11 December, 2019 |

Wakil Bupati (Wabup) Jayapura, Giri Wijayantoro bersama Pimpinan OPD sedang menabuh tifa sebagai tanda dibukanya Galeri Kenambai Umbai. Wakil Bupati (Wabup) Jayapura, Giri Wijayantoro bersama Pimpinan OPD sedang menabuh tifa sebagai tanda dibukanya Galeri Kenambai Umbai.

Wabup Jayapura Resmikan Galeri Kenambai Umbai

Kabupaten Jayapura Penulis  Senin, 18 November 2019 21:46 font size decrease font size increase font size 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

SENTANI - Wakil Bupati (Wabup) Jayapura, Giri Wijayantoro meresmikan galeri yang menjual aneka produk kerajinan para penggiat usaha kecil dan menengah di daerah itu.

Galeri yang diresmikan oleh Wabup Giri itu diberi nama “Khenambay Umbay”, yang merupakan inisiatif dari Dinas Koperasi dan UKM Kabupaten Jayapura.

“Dengan adanya galeri ini mudah-mudahan mampu menampung hasil karya seni, termasuk juga kuliner yang bisa menjadi souvenir untuk saudara-saudara yang bisa hadir atau datang berkunjung ke Kabupaten Jayapura dan Papua pada umumnya,” kata Giri Wijayantoro ketika dikonfirmasi wartawan usai meresmikan Galeri Khenambay Umbay, Senin (18/11) siang.

Ia menjelaskan, galeri tersebut bisa menjadi tempat menjual dan memajangkan produk yang dihasilkan para UKM di Kabupaten Jayapura sebagai ole-ole atau buah tangan.

“Apalagi hal ini (galeri) sangat di rindukan sekali dan tempatnya sampai sekarang juga baru pertama kali ini ada. Dengan adanya tempat pemasaran, tentu ini menjadi terobosan buat kita semua dan semoga kedepannya ada daya saing buat yang lain agar tertarik untuk investasi ke barang-barang souvenir,” ujarnya.

“Kemudian jangan hanya ketika ada iven saja. Tetapi, memang orang yang membuat kerajinan tangan di kampung-kampung itu bisa menjadi sebuah profesi, karena adanya permintaan pasar. Nah disini kita produksi, namun produksi itu sampai sekarang itu masih belum ada pengepulnya. Semoga dengan adanya tempat pemasaran (galeri) ini dapat menjadi terobosan untuk bisa menjadi pengepul dari hasil karya saudara-saudara kita di kampung-kampung,” lanjutnya.

Giri juga memberikan apresiasi kepada Dinas Koperasi dan UMKM Kabupaten Jayapura yang  merupakan inisiatif untuk bersedia memberikan tempat atau outlet khusus untuk memajangkan produk UKM.

“Produk UKM yang dijual di galeri tersebut berupa produk souvenir dan kerajinan tangan, kami mendukung dan terus mendorong masyarakat untuk berkreasi menciptakan produk kerajinan tangan,” ujarnya.

Giri meminta kepada para UKM memperhatikan kualitas dan juga model produk yang dihasilkan, sehingga menarik peminat pengunjung untuk membelinya.

“Kalau soal kualitas, saya berharap kekhasan dari sebuah produk souvenir dan kerajinan itu yang harus dipertahankan. Justru banyak yang kualitasnya tidak terlalu bagus, tapi itu menjadi ciri khas dari hasil karya kita. Contohnya, ukir-ukiran dari Asmat yang tidak begitu halus, namun justru itulah ciri khas dari kerajinan ukiran dari Asmat dan harus dipertahankan, karena itulah natural atau alami dari sebuah kerajinan tangan. Setidaknya ini mampu meningkatkan perekonomian keluarga dan membuka lapangan pekerjaan baru bagi masyarakat,” ujarnya.

Selain itu, ia juga mengatakan, para UKM di Kabupaten Jayapura tentu tidak luput dari perhatian dan juga pembinaan pemerintah daerah dalam hal ini Dinas Koperasi dan UKM, karena bagian terpenting untuk menggerakkan perekonomian. Di kampung-kampung kan sudah ada Badan Usaha Milik Kampung (BUMKam) dan disini juga sudah ada koperasi yang siap membantu para UKM.

“Apalagi tadi (kemarin) juga kebetulan hadir dari pihak perbankan, sehingga saya sampaikan bahwa sebenarnya syaratnya cuma tiga untuk mendapatkan bantuan permodalan. Pertama adalah usahanya itu sudah mulai berjalan, kemudian harus ada rapor laporannya mengenai berapa yang di produksi dan berapa yang di pasarkan,” katanya.

“Terus yang kedua itu adalah menyiapkan dokumen kependudukan seperti KK (Kartu Keluarga), KTP-el dan terakhir itu adalah menyiapkan jaminan berupa surat-surat berharga. Ketiga hal itu yang langsung mendapat dukungan permodalan dari pihak perbankan dan kebetulan peresmian galeri ini juga di hadiri oleh Bank Papua, yang siap untuk membiayai aktivitas para UKM tersebut. Jadi mereka itu dibina, diberi stimulus dan juga diberi pelatihan kewirausahaan,” tambah Giri.

Peresmian galeri Khenambay Umbay itu juga dihadiri Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Dinas Koperasi dan UKM yang juga Asisten III Bidang Administrasi Umum Setda Kabupaten Jayapura Dr. Timothius J. Demetouw, SE, M.Si, perwakilan Majelis Rakyat Papua (MRP) Pokja Perempuan dan sejumlah Kepala OPD di lingkup Pemkab Jayapura.

Dibaca 70 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.

INDEX