Layanan Program JKN KIS Menjawab Semua Keraguan Dewi | Pasific Pos.com

| 11 December, 2019 |

Dewi Susilowati menunjukkan kartu (foto:ist) Dewi Susilowati menunjukkan kartu (foto:ist)

Layanan Program JKN KIS Menjawab Semua Keraguan Dewi

Papua Selatan Penulis  Minggu, 17 November 2019 21:04 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

MERAUKE,ARAFURA,- Dewi Susilowati (23) tahun adalah salah satu peserta JKN-KIS dari segmen peserta Penerima Bantuan Iuran (PBI) yang terdaftar pada Puskesmas Kurik yang berasal dari Desa Waininggap Nanggo Kabupaten Merauke. Gadis desa yang menawan ini telah terdaftar bersama keluarganya dalam Program JKN-KIS yang memberikan perlindungan jaminan kesehatan ketika mengalami sakit dan harus dirawat dirumah sakit maupun jaminan semua biaya pengobatan dan medis. Saat bertemu dengan tim Jamkesnews pada Senin (11/11) di kantor BPJS Kesehatan Cabang Merauke, Dewi yang sedang mencari lowongan pekerjaan kemudian menceritakan sedikit tentang pengalamannya dalam menggunakan Program JKN-KIS saat berobat di Puskesmas maupun dirumah sakit.

“Saya beserta keluarga telah terdaftar pada Puskesmas Kurik. Untuk sakit yang ringan seperti batuk, flu, serta radang kami ke puskesmas dan mendapatkan. Mengingat jarak antara desa kami di desa Waininggap Nanggo dengan puskesmas di kota sangat jauh jadi kami memilih puskesmas yang terdekat untuk mendapatkan pelayanan kesehatan,” ujarnya.  Ia juga pernah menggunakan kartu JKN-KIS karena menderita sakit tifus. Ia dirujuk ke rumah sakit untuk menjalani pengobatan dan akhirnya harus rawat inao selama tiga hari.

“Rasa khawatir itu pasti ada manakala sayapun belum bekerja dan masih bergantung kepada orang tua. Belum lagi untuk kehidupan sehari-hari meski berkecukupan tapi kita harus tetap menjaga kesehatan. Untungnya Program JKN-KIS yang dibayarkan pemerintah untuk keluarga saya dapat menjawab semua kegelisahan di hati dan saya bersyukur dengan adanya program ini semua dapat terjamin sehingga tidak ada iur biaya yang kita bayarkan untuk masalah pengobatan,” tambahnya.

Seperti diketahui bahwa sakit tifus atau demam tifoid adalah salah satu penyakit yang sering diderita banyak orang, baik dikalangan dewasa maupun anak-anak. Penyakit ini disebabkan oleh bakteri yang menempel di makanan atau minuman, biasanya akibat jajan sembarangan. Demam tifoid atau biasa dikenal sebagai tipes ini adalah penyakit yang bisa menyebar melalui makanan, air, atau ditularkan dari orang yang terinfeksi (melalui fesesnya). Tifus juga dapat disebabkan oleh bakteri salmonellatyphi. Bakteri ini biasanya ada dalam air yang terkontaminasi dengan feses dan bisa menempel pada makanan atau minuman yang sering di konsumsi.

Dibaca 59 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.