Meski Belum Manfaatkan JKN KIS, Usman Tetap Jaga kesehatan Di Masa Tua | Pasific Pos.com

| 6 December, 2019 |

Usman Domir menunjukkan kartu (foto:ist) Usman Domir menunjukkan kartu (foto:ist)

Meski Belum Manfaatkan JKN KIS, Usman Tetap Jaga kesehatan Di Masa Tua

Papua Selatan Penulis  Minggu, 17 November 2019 21:03 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

MERAUKE,ARAFURA,- Informasi Pelayanan Kesehatan tentang  Program JKN-KIS yang dikelola oleh BPJS Kesehatan berkembang pesat hingga ke pelosok daerah. Hal ini dibuktikan dengan pendistribusian Kartu Indonesia Sehat kepada pegawai Aparat Sipil Negara (ASN), peserta swasta, maupun peserta PBI yang ditanggung pemerintah agar semua manfaat dirasakan secara adil dan merata dari para peserta pemegang Kartu tersebut.

Usman Domir (67) adalah seorang peserta JKN-KIS dari segmen Penerima Bantuan Iuran (PBI) yang terdaftar bersama keluarganya di Puskesmas Jagebob Kabupaten Merauke. Saat ditemui tim Jamkesnews di kediamannya, Selasa (05/11) Pria yang bertempat tinggal di kampung MeelimMegikar Jl. 4 ini kemudian mengungkapkan perasaannya tentang Program JKN-KIS.

“Saya terdaftar di Puskesmas Jagebob dan sekarang berdomisili di Distrik Semangga. Untungnya saya belum pernah menggunakan kartu ini karena belum sakit dan saya berharap kartu ini bisa menjadi jaminan ketika dilanda sakit nanti, karena kita tidak tahu kapan sakit itu akan datang. Oleh sebab itu diperlukan suatu jaminan agar ketika berobat di Puskesmas maupun di rumah sakit kita bisa mendapatkan pelayanan yang baik dari petugas medis disana dan biaya pengobatanpun bisa gratis karena semuannya telah dijamin oleh Program JKN-KIS yang dikelola oleh BPJS Kesehatan,”ungkapnya.

Usman Domir yang sehari-hari bekerja sebagai pedagang buah dan juga warung makan, dibantu berjualan buah-buahan dan warung makan oleh istri dan anaknya dalam mengelola usahanya untuk mencari nafkah. Ia juga mengungkapkan beberapa hal tentang menjaga kesehatan. “Menjaga kesehatan adalah suatu hal yang sangat penting, di usia seperti sekarang  kita harus tetap berproduktif. Dalam rutinitas kita sehari-hari terutama aktifitas fisik agar bisa mencari nafkah dengan cara mengikuti kegiatan Prolanis yang diselenggarakan oleh Puskesmas setempat dan juga menjaga pola makan.

Terkadang sakit juga bisa datang dari makanan yang kita konsumsi yang sudah tidak sesuai dengan faktor usia sehingga dapat menimbulkan penyakit, oleh karena itu semua  perlu dijaga agar kita tetap sehat untuk dapat berakftifitas,”tambahnya. Usman yang juga ingin mengganti fasilitas Kesehatan tingkat pertama yang terdekat dengan rumahnya. “Mohon bantuannya agar bisa diganti fasilitas kesehatan kami agar saat membutuhkan pelayanan kesehatan lebih dekat dengan tempat tinggal kami yang sekarang yaitu di Puskesmas Kurik. Jadi ketika kami dilanda sakit, bisa segera berobat di Puskesmas yang terdekat,”ungkapnya.

Dibaca 37 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.

Trending Topik