Kendati Diguyur Hujan, Upacara Hari Pahlawan Berlangsung Khidmat | Pasific Pos.com

| 11 December, 2019 |

Ratusan peserta upacara Hari Pahlawan tingkat Kabupaten Jayapura sedang mengikuti upacara dalam situasi diguyur hujan, di Lapangan Upacara Kantor Bupati Jayapura Gunung Merah Sentani, Senin (11/11) pagi. Ratusan peserta upacara Hari Pahlawan tingkat Kabupaten Jayapura sedang mengikuti upacara dalam situasi diguyur hujan, di Lapangan Upacara Kantor Bupati Jayapura Gunung Merah Sentani, Senin (11/11) pagi.

Kendati Diguyur Hujan, Upacara Hari Pahlawan Berlangsung Khidmat

Kabupaten Jayapura Penulis  Senin, 11 November 2019 19:52 font size decrease font size increase font size 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

SENTANI – Pelaksanaan Upacara Bendera dalam memperingati Hari Pahlawan, untuk tingkat Kabupaten Jayapura berlangsung secara khidmat walau diguyur hujan.

Ratusan peserta, terdiri dari ASN, TNI/Polri, siswa/i tingkat Sekolah Dasar (SD), Sekolah Menengah Pertama (SMP) dan Sekolah Menegan Umum (SMU/SMK) dan organisasi masyarakat lainnya berlangsung tertib dan lancar.

Upacara yang berlangsung dibawah guyuran hujan, memberikan makna tersediri bagi peserta upacara. Sebab kesetiaan peserta menanti detik-detik upacara menjadi bentuk penghormatan terhadap pengorbanan jasa pahlawan.

Inspektur upacara hari pahlawan tingkat Kabupaten Jayapura, Hanna Hikoyabi melalui pidato Menteri Sosial RI menyatakan, dengan peringatan hari pahlawan diharapkan akan menghargai jasa dan pengorbanan para pahlawan.

“Peringatan hari pahlawan kita bangkitkan semangat berinovasi bagi anak-anak bangsa untuk menjadi pahlawan masa kini, sebagaimana tema peringatan hari pahlawan tahun 2019 ‘Aku Pahlawan Masa Kini’,” ujarnya.

Dikatakan, menjadi pahlawan masa kini dilakukan oleh siapaun warga negara Indonesia, dalam bentuk aksi-aksi nyata memperkuat keutuhan NKRI, seperti menolong sesama yang terkena musibah, tidak melakukan yang dapat mengganggu ketertiban umum.

Tidak menyebarkan berita hoax, tidak melalukan perbuatan anarkis atau merugikan orang lain dan sebagainya. Jika dahulu semangat kepahlawanan ditunjuk melalui pengorbanan tenaga, harta bahkan nyawa.

Hal lain yang boleh dilakukan oleh pahlawan masa kini adalah dengan menoreh prestasi diberbagai bidang kehidupan, meberikan kemaslahatan bagi masyarakat, membawa harum nama bangsa di mata internasional.

“Peringatan hari pahlawan kiranya dapat meningkatkan kesadaran kita untuk lebih mencintai tanah air dan menjaganya sampai akhir hayat. Jangan biarkan keutuhan yang telah dibangun para pendahulu negeri dengan tetesan darah dan air mata menjadi sia-sia,” ungkapnya

Dirinya mengharapkan, hari pahlawan kiranya bukan hanya bersifat seremonial semata, tetapi dapat diisi dengan berbagai aktivitas yang dapat menyuburkan rasa nasionalisme dan meningkatkan rasa kepedulian untuk menolong sesama yang membutuhkan.

Dibaca 54 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.

INDEX