54 Korban Trigana Air Berhasil Ditemukan | Pasific Pos.com

| 22 May, 2019 |

54 Korban Trigana Air Berhasil Ditemukan

Headline Penulis  Rabu, 19 Agustus 2015 19:38 font size decrease font size increase font size 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

Jayapura,- 54 korban Pesawat ATR Trigana Air 42 Nomor Penerbangan IL 267 yang jatuh di Kampung Okbape Kabupaten Pegunungan Bintang, Provinsi Papua, Selasa (18/8) kemaren berhasil ditemukan.
Seluruh korban ditemukan dalam kondisi tewas dengan luka bakar. Bahkan satu bayi diantaranya yang ikut dalam penerbangan itu tewas dalam kondisi terpanggang dan menjadi abu.
Komandan Korem 172/PWY, Kolonel Inf Sugiono menyebutkan, seluruh korban Pesawat ATR Trigana Air  ditemukan di Kampung Okbape, Kabupaten Pegunungan Bintang. Seluruh jenazah yang berjumlah 54 orang telah dimasukan kedalam kantong mayat, untuk persiapan evakuasi Rabu (19/8) hari ini.
“ Seluruh jenazah sudah ditemukan, semuanya dalam kondisi tewas dan mengalami luka bakar. Besok Rabu (19/8) jenazah akan dievakuasi dari lokasi Bandara Oksibil lalu, selanjutnya diterbangkan ke Jayapura,” kata Sugiono dalam prees release Pendam XVII/Cenderawasih yang diterima Pasific post. Selasa (18/8).
Selain berhasil menemukan 54 jenazah Trigana Air, Danrem juga menyebutkan telah menemukan Kotak Hita, Pesawat ATR Trigana yang kemudian diserahkan ke Basarnas. Tim pencari dari TNI-AD, lanjutnya, juga menemukan dua karung berisi uang tunai yang disinyalir milik PT. Pos Jayapura.
 “Kepala Basarnas menyampaikan bahwa ini merupakan evakuasi tercepat yang pernah terjadi pada terjadinya kecelakaan Pesawat Udara. Semua jenazah telah lengkap berjumlah 54 jenazah, bahkan ditemukan black box serta uang sebanyak 2 karung dalam jumlah besar,” bebernya.
Sementara itu, Kapendam XVII/Cenderawasih, Letkol Inf Teguh Puji Raharjo menambahkan, sekitar 58 personel gabungan telah dilibatkan dalam pencarian ini. Mereka terdiri dari TNI, Paskhas, Polri, masyarakat sipil dan Basarnas.
Kapendam juga menyatakan telah menghentikan proses pencarian lokasi jatuhnya Pesawat Trigana Air dan akan dilanjutkan ke tahap evakuasi.
Pihaknya menduga pesawat Trigana Air itu menabrak Gunung Tangok. ”Proses evakuasi tidak dilaksanakan karena lokasi sudah tertutup kabut dan akan dilakukan esok hari, Rabu (19/8) dengan mengunakan Helly MI.17 milik TNI AD Kodam XVII/Cenderawasih dari Oksibil menuju Jayapura,” terangnya.
Sebelumnya, Pesawat Trigana Air IL-257 rute Jayapura-Oksibil memiliki nomor registrasi PK-YRN dan nomor penerbangan IL-257, take off dari Bandara Sentani, Jayapura. Pesawat berangkat pukul 14.22 LT (local time/waktu setempat) dan diperkirakan tiba di Oksibil pada pukul 15.04 LT.
Pesawat Trigana Air PK-YRN kontak terakhir dengan Menara Oksibil pada pukul 14.55 LT. Pesawat Trigana Air IL-257 yang mengalami hilang kontak membawa 49 orang penumpang terdiri atas 44 orang dewasa, tiga orang anak-anak, dan dua orang bayi. Terdapat lima orang kru dalam pesawat Trigana Air IL-257.  Seluruh penumpang dan kru dinyatakan tewas. (Syaiful)

Dibaca 475 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.