KPU Gelar Sosialisasi Pencalonan Pemilihan Bupati Dan Wabup | Pasific Pos.com

| 21 January, 2020 |

Peserta sosialisasi saat mengikuti kegiatan (foto:iis) Peserta sosialisasi saat mengikuti kegiatan (foto:iis)

KPU Gelar Sosialisasi Pencalonan Pemilihan Bupati Dan Wabup

Papua Selatan Penulis  Senin, 04 November 2019 12:02 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

MERAUKE,ARAFURA,-KPU Merauke gencar melakukan tahapan-tahapan dalam rangka menyambut pesta demokrasi Pilkada yang akan dilaksanakan pada tahun 2020 mendatang. Setelah launching tahapan dan melakukan rapat pleno penetapan persyaratan pencalonan pasangan calon persorangan beberapa waktu lalu, KPU melanjutkan lagi dengan menggelar sosialisasi pencalonan pemilihan bupati dan wakil bupati di Swiss-Belhotel Kamis (31/10) lalu. Kepada wartawan di sela-sela kegiatan, Ketua KPU Merauke, Theresia Mahuze, SH menyampaikan bahwa apa yang dilakukan sesuai dengan tahapan jadwal dan program dimana pada 26 Oktober lalu pihaknya telah melaksanakan penetapan syarat, jumlah dukungan minimum dan persebaran bagi pasangan calon perseorangan.

“Kali ini kami melaksanakan sosialisasi sehingga bagi mereka yang ingin maju sebagai kandidat atau mencalonkan diri melalui jalur perseorangan atau independen dapat menyiapkan dokumen dukungan. Sebab dokumen tersebut harus diserahkan kepada KPU, yang terdiri dari surat pernyataan dukungan, rekapitulasi dan e-KTP,”jelas sosok ketua yang dikenal tegas ini. Lebih lanjut ia mengungkapkan, sesuai jadwal yang ada maka penyerahan dokumen dukungan jatuh pada 11 Desember 2019-5 Maret 2020.

Setelah dokumen tersebut sudah siap dan diserahkan kepada KPU, selanjutnya pihak KPU akan meneliti lagi syarat dukungan jumlah minimum dan persebarannya. Jika jumlah minimum dan persebaran sudah memenuhi maka KPU akan menerima dengan berita acara dan tanda terima untuk selanjutnya diterbitkan keputusan penetapan bagi pasangan calon perseorangan bahwa dokumennya telah memenuhi syarat. Namun sebaliknya, jika dokumen belum memenuhi maka KPU akan mengembalikan dengan berita acara dan  diterbitkan keputusan penetapan bagi pasangan calon perseorangan bahwa dokumennya belum memenuhi syarat atau  belum lengkap.

Dibaca 63 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.

Trending Topik