HKJM Ikut Membangun dan Menjaga Kedamaian di Papua | Pasific Pos.com

| 16 December, 2019 |

Asisten Bidang Perekonomian dan Kesejahteraan Rakyat DR. Muhammad Mus'sad, SE, MSi, didampingi Ketua Umum  HKJM Papua DR. H. Sarminanto, SH, MM, memukul gong, ketika membuka  Musprov  HKJM Papua tahun 2019 di Aula Gedung LPTQ Papua, Kotaraja,  Kota Jayapura Sabtu (2/11). Asisten Bidang Perekonomian dan Kesejahteraan Rakyat DR. Muhammad Mus'sad, SE, MSi, didampingi Ketua Umum HKJM Papua DR. H. Sarminanto, SH, MM, memukul gong, ketika membuka Musprov HKJM Papua tahun 2019 di Aula Gedung LPTQ Papua, Kotaraja, Kota Jayapura Sabtu (2/11).

HKJM Ikut Membangun dan Menjaga Kedamaian di Papua

Kota Jayapura Penulis  Minggu, 03 November 2019 11:37 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

JAYAPURA,- Himpunan Kerukunan Jawa Madura (HKJM) Provinsi Papua menggelar Musprov (Musyawarah Provinsi)  yang dibuka secara resmi oleh  Gubernur Papua Lukas Enembe, SIP, MH, yang diawakili Asisten Bidang Perekonomian dan Kesejahteraan Rakyat Sekda Papua, DR. Muhammad Mus'sad, SE, MSi di Aula Gedung LPTQ Provinsi Papua, Kotaraja,  Jayapura Sabtu (2/11).

Kegiatan ini mengusung Tema Melalui Musprov HKJM Provinsi Papua Kita Tingkatkan Soliditas dan Peran Serta HKJM dalam pembangunan dan kedamaian di Tanah Papua.  

Dalam sambutannya, Muhammad Mus’sad mengatakan, HKJM selama ini telah  memberikan kontribusi nyata bagi pembangunan dan kedamaian di Papua.

Jika dilihat dari sisi  jumlah sangat besar di Papua, dimana HKJM memiliki anggota yang berasal dari 6 Provinsi dan 100 lebih  Kabupaten/Kota yang ada di Pulau Jawa dan Madura.

Oleh karena itu, semua komponen bangsa yang ada di Papua   ikut bertanggungjawab untuk  membangun dan menjaga kedamaian di  Papua.

Ia mengatakan, hal ini sebagaimana komitmen bersama sejak awal pemerintahan Lukas Enembe dan Klemen Tinal, telah mencanangkan suatu komitmen  yakni Kasih Menembus Perbedaan.  

“Jadi Papua ini dijadikan sebagai miniaturnya Indonesia, maka semua komponen  harus bertanggungjawab dalam pembangunan dan kedamaian,” ujarnya.

Dijelaskannya, sejarah mencatat di awal-awal pemerintahan di Papua ada,  yang  menggerakan itu  adalah teman -teman dari Pulau  Jawa.

“Uncen Jayapura yang pertama diinisiasi teman -teman dari  Yogyakarta yang datang dan menyerahkan Uncen.   Itulah sejarah yang   tak bisa kita lupakan,  sehingga hubungan emosional antara Pemerintah Provinsi Papua dan teman -teman dari HKJM ini sangat kental dan kuat,” jelasnya.

Ia mengharapkan dari generasi ke generasi hubungan  ini harus tetap dipelihara dan komitmen  bersama,  untuk menjaga Papua  sebagai  tanah damai  dan sebagai tanah yang sudah diberkati Tuhan Yang Maha Kuasa ini betul –betul  harus bisa  wujudnyatakan.   
“Saya yakin  bahwa  HKJM punya komitmen dan kemampuan yang luar biasa  untuk itu,”tuturnya.   

Ketua Panitia Musprov HKJM  tahun 2019 Karsudi, SP, MSi mengatakan,  HKJM ini merupakan Paguyuban  terbesar di Indonesia, meliputi 6 Provinsi dan sekitar 115  Kabupaten/Kota  yang ada di Jawa itu semua ada di Papua.

“Kita sudah membentuk sekitar 34 Paguyuban Jawa, Madura dan Sunda di Papua. Jadi paling tidak sudah 30 persen Paguyuban sudah terbentuk,” terangnya.

Dijelaskannya, Musprov HKJM Provinsi Papua tahun 2019 adalah agenda lima tahunan,  yang diharapkan bisa menentukan arah HKJM Provinsi Papua  lima tahun kedepan, yang  akan dituangkan kedalam  AD/ART  (Anggaran Dasar/Anggaran  Rumah Tangga) HKJM Provinsi Papua.  

Musprov HKJM Provinsi Papua tahun 2019 ini juga digelar upacara pengukuhan Anggota Kehormatan HKJM Provinsi Papua, dimana Ketua Umum  HKJM Papua DR. H. Sarminanto, SH, MM, memasangkan blangkon kepada Asisten Bidang Perekonomian dan Kesejahteraan Rakyat Sekda Papua, DR. Muhammad Mus'sad, SE, MSi.  

Turut hadir para pengurus teras HKJM Provinsi Papua, perwakilan Pangdam XVII/Cenderawasih, perwakilan Kapolda Papua,  perwakilan para Bupati dan Walikota dan  para Ketua Paguyuban Nusantara, yang ada di Kota Jayapura dan sekitarnya.  

Dibaca 67 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.

INDEX