Layanan Peserta JKN Di RSUD Boven Sama Dengan Pasien Lain | Pasific Pos.com

| 13 December, 2019 |

Yohanis menunjukkan kartunya (foto:ist) Yohanis menunjukkan kartunya (foto:ist)

Layanan Peserta JKN Di RSUD Boven Sama Dengan Pasien Lain

Papua Selatan Penulis  Kamis, 31 Oktober 2019 11:47 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

MERAUKE,ARAFURA,-Pelayanan kesehatan yang dijamin oleh Program JKN-KIS telah mencakup seluruh peserta sampai ke pelosok ujung timur Indonesia. Hal ini dibuktikan dengan adanya kunjungan dari Kepala Layanan Operasional Kantor Kabupaten Boven Digoel yang sedang melakukan customervisit , Jumat (25/10) di Rumah Sakit Umum Daerah Kabupaten Boven Digoel.

Yohanis (46) adalah peserta JKN-KIS dari segmen PBI APBN yang juga turut merasakan fasilitas dari Program JKN-KIS yang dikelola oleh BPJS Kesehatan. Dikala itu, tim Jamkesnews yang tengah berkunjung disana mendapat respon yang baik dari Yohanis yang sementara terbaring di tempat tidurnya dan telah mendapatkan perawatan dari petugas kesehatan RSUD Boven Digoel.

“Pertama kali saya pergi ke Puskesmas dan menjalani pengobatan disana saya kemudian mendapatkan rujukan ke rumah sakit karena menderita penyakit Diabetes Militus (DM). Dengan kondisi kaki saya yang sedang luka dan proses penyembuhannya yang terbilang cukup lama sehingga mengharuskan saya untuk menjalani pengobatan rawat inap di rumah sakit. Untuk memperoleh kesembuhan pada kaki saya yang tentunya tidak lepas dari campur tangan para perawat dan dokter yang bertugas untuk memastikan jalannya perawatan ini agar semua dapat berjalan dengan baik, ”ungkapnya.

Seperti diketahui bersama bahwa penderita Diabetes Militus adalah penyakit autoimun kronis yang disebabkan oleh pengaturan gula darah yang sering disebut sebagai penyakit gula atau kencing manis sehingga dapat menyebabkan kurangnya produksi insulin oleh pankreas yang dapat menyebabkan penyakit lain yang sulit diobati. Dan Ulkus Dekubitus adalah luka yang terbentuk akibat adanya tekanan berkepanjangan pada kulit atau tonjolan tulang.

Tekanan ini dapat menyebabkan gangguan aliran darah, sehingga pasokan oksigen dan nutrisi ke kulit bisa terganggu akibatnya untuk proses penyembuhannya bisa terbilang cukup lama dan membutuhkan kesabaran pada proses penyembuhan tersebut. “Semenjak berobat dari puskesmas Mindiptana sampai ke RSUD Boven Digoel untuk menjalani pengobatan medis, saya tidak pernah mengeluarkan biaya sedikitpun untuk membeli obat-obatan.

Untung ada Kartu JKN-KIS yang di tanggung pemerintah sehingga pengobatannya menjadi gratis. Saya pun cukup puas dengan pelayanan di RSUD Boven Digoel ini karena meskipun hak perawatan kelasnya di kelas 3, tetapi pelayanan yang diberikan oleh petugas rumah sakit dan dokter ke peserta juga tetap sama, tidak ada perbedaan sedikitpun dan saya merasa puas,”tutupnya.

Dibaca 68 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.

INDEX