Ini Penjelasan Kepala KPP Pratama Soal Penerimaan Pajak Tak Tercapai | Pasific Pos.com

| 17 November, 2019 |

Nugroho Apriyanto. Nugroho Apriyanto.

Ini Penjelasan Kepala KPP Pratama Soal Penerimaan Pajak Tak Tercapai

Kota Jayapura Penulis  Jumat, 18 Oktober 2019 14:07 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

Jayapura – Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Jayapura mencatat penerimaan pajak hingga triwulan III tahun 2019 sebesar Rp1,4 triliun dari target Rp2,6 triliun pada tahun 2019.

Dibandingkan periode yang sama tahun 2018, penerimaan pajak sebesar Rp1,2 triliun atau tumbuh 15,58 persen.

Kepala KPP Pratama Jayapura, Nugroho Apriyanto mengatakan, kendati mengalami pertumbuhan, namun masih berada di bawah target sampai akhir bulan September 2019 sebesar 20 persen.

Dijelaskan, kondisi keamanan di wilayah kerja KPP Pratama Jayapura sempat terganggu menjadi salah satu penyebab target tidak tercapai.

“Kondisi keamanan mempengaruhi aktivitas pajak termasuk pemungut dan pemotong pajak seperti bendahara di satuan kerja pemerintah daerah dan wajib pajak,” imbuhnya, Kamis (17/10/2019).

“Karena penerimaan pajak di wilayah Jayapura, 60 persen dari sektor pemerintahan yakni realisasi Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) dan APBN,” sambung Nugroho.

Pihaknya berupaya maksimal hingga akhir tahun ini mencapai target Rp2,6 triliun dengan membuka kelas pajak bendahara yang bertugas memberikan edukasi kepada para bendahara satuan kerja (satker) di masing – masing intansi pemerintahan daerah.

“Kami masih berusaha mencapai target, tapi kalau dilihat kenyataan di lapangan dengan kondisi seperti ini, tiga bulan selanjutnya yakni Oktober, November dan Desember penerimaan pajak tambah Rp1 triliun, jadi seperti tiga bulan terakhir tahun 2018, pasti bisa diatas angka 90 persen,” kata Nugroho.

Sementara penerimaan pajak untuk wilayah Papua dan Maluku hingga Oktober 2019 telah mencapai 68,05 persen, diatas rata-rata nasional yakni 61 persen.

“Penerimaan pajak di Kanwil Papua dan Maluku melampaui rata – rata nasional disebabkan penerimaan pajak di KPP Pratama Timika cukup bagus,” imbuhnya. (Zulkifli)

Dibaca 78 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.