Jelang Pelantikan Anggota DPRD Kabupaten Jayapura, Persiapan Mulai Dilakukan | Pasific Pos.com

| 15 November, 2019 |

Sekretaris DPRD Kabupaten Jayapura, Abdul Hamid Toffir, S.Sos., M.Ap Sekretaris DPRD Kabupaten Jayapura, Abdul Hamid Toffir, S.Sos., M.Ap

Jelang Pelantikan Anggota DPRD Kabupaten Jayapura, Persiapan Mulai Dilakukan

Kabupaten Jayapura Penulis  Selasa, 15 Oktober 2019 21:11 font size decrease font size increase font size 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

SENTANI - Menjelang pelantikan anggota DPRD Kabupaten Jayapura yang kurang lebih tinggal tujuh (7) hari atau sepekan lagi, Sekretariat DPRD Kabupaten Jayapura kini terus dipercantik.

Rencananya pada tanggal 22 Oktober 2019 nanti, sebanyak 25 caleg terpilih periode 2019-2024, akan dikukuhkan sebagai anggota DPRD Kabupaten Jayapura dalam Sidang Paripurna yang akan berlangsung di Ruang Sidang Kantor DPRD Kabupaten Jayapura, Kompleks Perkantoran Guunung Merah, Sentani, Kabupaten Jayapura.

Pantauan media ini, Selasa (15/10) pagi, rumah rakyat tersebut sedang berbenah dan juga melakukan bersih-bersih. Kesibukan mulai nampak di rumah rakyat gedung DPRD Kompleks Perkantoran Gunung Merah tersebut. Meski beberapa hari lalu telah disibukkan dengan uji publik, rapat-rapat di Banmus dan juga agenda Sidang Paripurna IV Masa Persidangan III yang membahas dua Raperda Non APBD, persiapan jelang pengukuhan terus digenjot oleh Sekretariat Dewan.

Persiapan yang terpantau, pembersihan dilakukan di sejumlah titik didalam ruang sidang gedung DPRD. Pemandangan yang menyegarkan begitu terlihat di gedung wakil rakyat itu. Pembenahan dan pembersihan disejumlah pilar dan tembok sepertinya ingin menjelaskan warna dan suasana baru di periode wakil rakyat lima tahun kedepan.

Sebagaimana disampaikan Sekretaris DPRD Kabupaten Jayapura, Abdul Hamid Toffir, S.Sos., M.Ap., untuk mempersiapkan segala sesuatu terkait pengukuhan, telah membentuk panitia kecil. Tugas kepanitiaan kecil itu jelas Abdul Hamid Toffir, selain menyiapkan prosesi pengukuhan dan administrasi, juga memperindah suasana serta tampilan gedung dewan.

“Kalau untuk panitianya, memang kemarin saya sudah rapat kecil dengan tiga Kabag (Kepala Bagian) dan saya juga sudah perintahkan kepada mereka untuk membuat panitia kecil. Supaya semua persiapan-persiapan itu terbagi habis dalam tugas masing-masing, sehingga panitia kecil ini mempunyai tanggung jawab masing-masing terhadap tugasnya agar tidak tumpang tindih,” ungkap Toffir diruang kerjanya, Selasa (15/10) sore.

“Jadi, untuk persiapan menjelang pelantikan dan juga pengambilan sumpah/janji bagi 25 anggota DPRD terpilih Kabupaten Jayapura periode 2019-2024 itu dari pihak kami dalam hal ini Sekretariat DPRD sudah mulai berbenah. Dalam artian, kami sedang mempersiapkan diri untuk menyambut pelaksanaan pelantikan dan pengambilan sumpah/janji itu sendiri. Disamping persiapan itu secara fisik mulai dari kebersihan kantor sampai dengan persiapan pelaksanaan eksekusi di lapangan sekitar wilayah gedung,” sambung Toffir.

Sekwan juga menjelaskan, sebelum pengukuhan akan ada gladi bersih tata cara pengukuhan, termasuk persiapan pendukung lainnya.

“Untuk beberapa persiapan semisal keamanan dan lalulintas kendaraan itu bekerjasama dengan Polres Jayapura dan Dinas Perhubungan (Dishub) Kabupaten Jayapura. Memang sementara ini kami belum laksanakan (koordinasi) itu dengan mereka, namun komunikasi kita kepada mereka sudah jalan,” ujarnya.

“Artinya, mereka tanya apakah ada perubahan terkait jadwal pelaksanaan pelantikan, terus apakah ada kemungkinan-kemungkinan yang akan timbul di pelaksanaan pelantikan tersebut. Sehingga saya jawab, sementara ini tidak ada. Insha Allah semuanya berjalan dengan lancar dan nanti secara resmi kami akan meminta kepada mereka juga untuk pengamanan termasuk juga kita punya anggota Brimob (BKO) yang ada di kantor dewan sini, mungkin nanti kita manfaatkan mereka untuk pengamanan pelantikan,” sambungnya.

Ditegaskan, pihaknya selalu membangun komunikasi dengan Ketua Pengadilan Negeri (PN) Jayapura untuk persiapan pelaksanaan pelantikan dan pengambilan sumpah/janji bagi anggota DPRD terpilih Kabupaten Jayapura.

“Kami tetap bangun komunikasi dengan ketua pengadilan, untuk persiapan gladi maupun pelaksanaan pengambilan sumpah/janji nanti,” imbuhnya.

Ia juga menyebutkan, pelantikan akan digelar pada tanggal 22 Oktober 2019 di Ruang Sidang Kantor DPRD Kabupaten Jayapura. Maka dari itu gladi bersih digelar Senin 21 Oktober 2019 mengingat hari Sabtu dan Minggu merupakan hari libur.

“Untuk (gladi) itu minimal satu hari saja. Kalau hari Selasa kita pelaksanaan pelantikan dan pengambilan sumpah/janji, maka hari Senin (21/10) itu kita lakukan gladi bersih. Hari minggu tidak dilakukan gladi, ya cukup satu hari saja untuk kegiatan gladi bersih. Karena gladi nya kan tidak terlalu ribet lah,” tukas Toffir.

Dibaca 111 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.

INDEX