Optimalisasi Profesionalitas Guru SMP SMA Satu Atap Wasur Melalui Metode Pelatihan PTK | Pasific Pos.com

| 15 November, 2019 |

Dokumentasi Kegiatan (foto:ist) Dokumentasi Kegiatan (foto:ist)

Optimalisasi Profesionalitas Guru SMP SMA Satu Atap Wasur Melalui Metode Pelatihan PTK

Papua Selatan Penulis  Kamis, 10 Oktober 2019 15:59 0
Beri rating artikel ini
(2 voting)

Oleh:Adi Sumarsono, S.Pd, M.Pd Dan Syamsudin S.Pd, M.Pd



MERAUKE,ARAFURA,-Pendidikan dan kesehatan adalah salah satu fokus bidang pemerintah Republik Indonesia dalam memajukan sumber daya manusia khususnya di Daerah Indonesia Timur. Kebearadaan Sekolah dan hadirnya pendidikan yang berkualitas sangat dibutuhkan masyarakat untuk menunjang kemampuan diri dalam menghadapi perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi yang terus berkembang. Selain siswa dan sekolah yang mempunyai fasilitas belajar lengkap, peran sumber daya guru memegang peran yang sangat sentral dalam memajukan pendidikan. Peran guru tidak hanya sebagai fasilitator ilmu pengetahuan saja, tetapi juga sebagai role model yang nyata dapat ditiru oleh seluruh siswa. Untuk itulah seorang guru dituntut untuk selalu berperan di depan menjadi contoh atau panutan, ditengah berbuat keseimbangan serta dibelakang membuat dorongan.

Selain dari pengajar peran guru juga harus profesional, hal ini sesuai dengan bunyi Undang-undang Republik Indonesia Nomor 14 tahun 2005 tentang Guru dan Dosen, pada pasal 1 ayat 1 menyebutkan bahwa guru adalah pendidik profesional dengan tugas utama mendidik, mengajar, membimbing mengarahkan, melatih, menilai dan mengevaluasi peserta didik pada pendidikan anak usia dini jalur pendidikan formal, pendidikan dasar, dan pendidikan menengah. Lebih jelas bahwa seorang guru harus mempunyai kompetensi sesuai dengan bunyi Pasal 10 ayat 1 menyebutkan bahwa kompetensi guru meliputi kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, kompetensi sosial, dan kompetensi profesional yang diperoleh melalui pendidikan profesi.

Oleh karena itu guna menunjang dan mensukseskan tugas dan peran seorang guru, Universitas Musamus hadir membawa perubahan melalui implementasi dari tugas Tridharma dosen yaitu dharma pengabdian kepada masyarakat pada tanggal 4 dan 5 Oktober 2019 dilaksanakanlah pengabdian masyarakat di Sekolah SMP-SMA Satu Atap Merauke. Tim yang terdiri dari Adi Sumarsono, S.Pd, M.Pd dan Syamsudin S.Pd, M.Pd melakukan Program pengabdian kepada masyarakat dengan mengusung tema Pelatihan, Penerapan dan Pendampingan Pembuatan Proposal Penelitian Tindakan Kelas Bagi Guru-Guru di Sekolah Satu Atap Wasur Merauke. Sasaran pelaksanaan program ini adalah bapak dan Ibu Guru SMP-SMA Satu Atap Wasur Merauke.

Kegiatan ini terbagi dalam dua materi pokok yaitu pemberian penyegaran keilmuan tentang Penelitian Tindakan Kelas (PTK) baik secara teori maupun implementasi dalam pembelajaran sehai-hari. Kegiatan selanjutnya adalah implementasi dari pengetahuan yang diberikan sebelumnya langsung ditungakan dalam penulisan langsung di media komputer dan dipandu langsung oleh dosen dari Univeritas Musamus. Kegiatan pengabdian dilaksanakan dengan komitmen secara bersama-sama antara antara bapak Ibu Guru dan Dosen dari Universitas Musamus.

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat yang melibatkan langsung peran bapak ibu guru dalam merancang dan membuat penelitian Tindakan kelas sesuai dengan pedoman penulisan yang sudah ditentukan. Materi teori dilaksanakan yang dilanjutkan dengan implementasi langsung dalam menulis di komputer. Bapak Ibu Guru yang dilibatkan tidak hanya dari satu mata pelajaran meiputi dari berbagai mata pelajaran yang terdiri dari guru SMP dan juga guru SMA sekolah Satu Atap Wasur.

Dari kegiatan yang dilaksnakan didapatkan hasil sebagai berikut, pertama bertambahnya pengetahuan guru dalam membuat dan merancang penelitian Tindakan Kelas, sebetulnya bapak/ibu guru sudah membuat dan melaksnakan Peelitian Tindakan Kelas dalam mengajar kesehariannya, akan tetapi tidak terdokumentasi dalam bentuk laporan penelitian yang ilmiah. Kedua, menyegarkan kembali ingatan akan penelitian Tindakan Kelas yang dulu pernah di terima saat kuliah dahulu. Ketiga, bagi bapak ibu guru yang sebelumnya belum mempunyai rancangan penelitian tindakan kelas kini sudah memunyai draf yag nantinya dapat diimplementasikan di kelas. Tanggapan yang sangat positif juga disampaikan oleh Bapak Kepala Sekolah SMP-SMA Satu atap Wasur yaitu bapak Sergius Womsiwor, S.Pd, M.Pd yang memberikan tanggapan bahwa materi Penelitian Tindakan Kelas adalah salah satu materi yang memang dibutuhkan guru dalam melakukan perbaikan proses belajar mengajar, melalui kegiatan sinergitas antara Univeristas Musamus dengan sekolah yang berada di Kabupaten Merauke dapat menjadi kerjasama Mitra yang selalu dinantikan keberlanjutannya pada materi-materi update tentang pendidikan. Beliau juga menyamampaikan ucapan terima kasih kepada Universitas Musamus dalam konsitennya menjalankan dharma perguruan tingginya sehingga dapat langsung dirasakan manfaatnya khususnya dalam membangun pendidikan di Kabupaten Merauke.

Dari Kegiatan yang sudah dilaksnakan ini diucapan terimakasih kepada universitas Musamus melalui Lembaga Penelitian dan Pengabdian pada Masyarakat (LP2M) yang telah memfasilitasi kegiatan pengabdian melalui pendanaan internal dengan No. Kontrak DIPA 262.24/UN52.8/PM/2019 tanggal 9 September 2019 Universitas Musamus Sesuai dengan Surat Perjanjian pelaksanaan Program Bantuan Pengabdian Tahun Anggaran 2019 Nomor: DIPA 262.24/UN52.8/PM/2019
Ucapan Terima kasih juga disampiakan kepada rektor Universitas Musamus Bapak Profesor. Dr. Philipus Betaubun, S.T., M.T yang telah memberikan kesempatan dan kepercayaan kepada dosen untuk selalu berkembang mengabdi kepada bangsa dan negara. Ucapan terim akasih kepada Mitra pengabdian dalam hal ini seluruh bapak dan Ibu Guru Sekolah Terintegrasi SMP-SMA Satu Atap Wasur Merauke yang telah menerima dosen Universitas Musamus untuk melakukan tugas pengabdiannya. Seiring harapan melalui kegiatan ini dapat bermanfaat bagi bapak dan ibu guru, dalam upaya mewujudkan guru yang profesionalitas dalam membagun tanah Papua tercinta melalui jalur pendidikan. Melalui kerjasama dengan mitra pula semoga dapat meningkatkan dan selalu memupuk rasa persaudaraan Izakod Bekai Izakod Kai, Satu Hati Satu Tujuan di tanah Merauke tercinta.

Dibaca 98 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.

INDEX