Pengungsi Diminta Kembali, Negara Jamin Keamanan di Wamena Kondusif | Pasific Pos.com

| 21 October, 2019 |

Menkopolhukam RI Wiranto, Panglima TNI Marsekal.Hadi Tjahjanto  dan Kapolri Jendral Pol.Tito Karnavian saat memberikan keterangan pers kepada wartawan Nasional dan Lokal Papua. Menkopolhukam RI Wiranto, Panglima TNI Marsekal.Hadi Tjahjanto dan Kapolri Jendral Pol.Tito Karnavian saat memberikan keterangan pers kepada wartawan Nasional dan Lokal Papua.

Pengungsi Diminta Kembali, Negara Jamin Keamanan di Wamena Kondusif

Kabupaten Jayapura Penulis  Rabu, 09 Oktober 2019 20:24 font size decrease font size increase font size 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

SENTANI – Ribuan warga yang telah mengungsi keluar Wamena, baik yang ke Jayapura dan sejumlah kota lainnya di Papua dan luar Papua diminta untuk kembali ke Wamena karena negara menjamin keamanan kota Wamena dan sekitarnya kondusif.

“Silakan warga yang telah mengungsi dapat kembali ke Wamena dan melakukan aktivitas sehari-harinya seperti biasa,” ajak Menkopolhukam RI, Wiranto yang didampingi Menteri Sosial, Panglima TNI dan Kapolri saat melihat dan melepas 108 pengungsi kembali ke Wamena di Base Ops Lanud Silas Papare Sentani, Rabu (9/10) pagi.

Menurutnya, kondisi keamanan di Wamena berangsur-angsur pulih dan dipastikan bahwa segala gangguan keamana di Wamena akan diatasi oleh TNI dan Polri secepatnya.

Dirinya menyebut, kendati warga masih diliputi rasa trauma akibat kerusuhan dan adanya ancaman-ancaman tetapi sesungguhnya negara nyatakan siap menjamin kemanan sebab keamanan warga merupakan bagian dari tanggungjawab negara.

Menkopolhukam juga menerangkan, jika dirinya bersama sejumlah kementerian dan TNI/Polri telah melakukan kunjungan ke Wamena. Dalam kunjungan tersebut bertatap muka dengan tokoh-tokoh masyarakat, tokoh adat dan tokoh gereja di Wamena.

Hasil pertemuan tersebut menyatakan bahwa semua pihak di Wamena, baik pemerintah, TNI/Polri dan juga masyarakat bersepakat untuk menjaga keamanan dan ketertiban Kota Wamena dan sekitarnya, sambil menghindari isu-isu yang berpotensi memecah belah persatuan.

“Kita semua basudara. Tidak ada perbedaan suku, ras, agama dan golongan di dalam bingkai Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI). Siapapun dia, sepanjang sebagai warna negara boleh beraktivitas dimana saja di negara ini,” tukas Wiranto.

Ditempat yang sama, Panglima TNI, Marsekal Hadi Tjahjanto menegaskan bahwa TNI selalu siap mengamankan wilayah NKRI dari berbagai gangguan keamanan, sebab keamanan warga juga menjadi tanggungjawab TNI.

Panglima TNI juga menyebut, bahwa pihaknya mendukung pemulangan warga pengungsi ke Wamena. Salah satu bentuk dukungannya adalah, disiapkannya tiga unit pesawat herkules yang akan mengantar kembali pengungsi ke Wamena.

“Semua alutista TNI, terutama pesawat herkules akan kami siapkan untuk mendukung pemulangan warga pengungsi dari sejumlah kota dan kabupaten di Papua dan luar Papua ke Wamena,” pungkasnya.

Senada dengan Panglima TNI, Kapolri Jenderal Tito Karnavian juga menegaskan bahwa pihaknya tidak akan segan-segan menindas setiap oknum dan kelompok yang hendak menggangu keamanan di Wamena.

Kapolri menjelaskan, penambahan pasukan ke Wamena telah dilakukan selama ini, sehingga dampaknya, Kota Wamena dan sekitarnya sampai dengan saat ini dalam kondisi aman.

“Karena itu, kami berharap supaya warga yang kini berada di pengungsian untuk segera kembali dan melanjutkan aktivitas kesehariannya. Polri tetap akan komitmen dan menjamin keamanan di Wamena dengan berupaya menangkap dalang dibalik kerusuhan dan gangguang keamanan di Wamena dan sejumlah daerah lainnya di Papua,” tegasnya.

Dibaca 42 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.

INDEX