Sunarjo: Produk Berbasis Bahan Lokal Harus Dikembangkan | Pasific Pos.com

| 18 January, 2020 |

Para Peserta saat mengikuti kegiatan (foto:iis) Para Peserta saat mengikuti kegiatan (foto:iis)

Sunarjo: Produk Berbasis Bahan Lokal Harus Dikembangkan

Papua Selatan Penulis  Selasa, 08 Oktober 2019 15:06 0
Beri rating artikel ini
(0 voting)

MERAUKE,ARAFURA,-Asisten II Setda Kabupaten Merauke, Sunarjo, S.Sos mengemukakan bahwa produk yang berorientasi pada kearifan lokal dan berbasis bahan lokal harus lebih ditingkatkan dan dikembangkan. Seperti yang diketahui bahwa Kabupaten Merauke dikenal sebagai Kota Rusa sehingga perlu ada peningkatan dalam menghasilkan aneka produk yang tidak hanya terbatas pada abon dan dendeng rusa saja. Merauke harus memiliki kuliner yang dapat dipasarkan, diterima khalayak serta mampu menjadi icon daerah.

Apalagi abon dari ikan gastor saat ini sudah mulai dikenal dan banyak disukai masyarakat hingga di Pulau Jawa. Tidak hanya lezat tetapi juga sarat akan gizi. Ikan gastor banyak tersedia di Merauke dan jika sudah tiba musimnya sangat mudah didapat. “Jadi bahan-bahan lokal ini perlu kita kembangkan karena bicara tentang ekonomi kreatif tidak hanya terbatas pada produk lokal kita yang dipasarkan di Merauke. Namun yang menjadi tujuan akhir, bagaimana menciptakan potensi hubungan dagang yang dapat berimbas pada kenangan orang tentang Merauke itu sendiri,”jelas Sunarjo di hadapan peserta sosialisasi pengelolaan ekonomi kreatif guna menunjang kerjasama ekonomi daerah di Hotel Megaria belum lama ini.

Menurutnya, sosialisasi pengelolaan ekonomi kreatif kali ini dilaksanakan dengan menggunakan anggaran dari Pemkab Merauke melalui DPA Bagian Perekonomian. Artinya, ini adalah dana rakyat yang digunakan agar dapat meningkatkan pemahaman dan pengetahuan masyarakat dengan harapan pasca kegiatan dapat memberikan hasil yang maksimal serta apa yang diharapkan dapat terwujud. Untuk itu perlu fokus dalam menciptakan produk yang berkualitas dan dalam hal kuantitas sehingga dapat berkompetisi dalam hal daya saing.

Jadi ketika orang lain belum menciptakan produk tersebut maka kita yang akan menciptakan, begitu pula di saat sudah ada yang menciptakan duluan maka kita harus bisa membuat lebih banyak dan lebih bagus dalam kualitas. Sementara itu -Kabag Perekda Setda Kabupaten Merauke, M.Imam Santoso mengemukakan bahwa tujuan sosialisasi adalah untuk meningkatkan SDM di bidang pengelolaan ekonomi kreatif, meningkatkan pengetahuan dan pemahaman tentang ekonomi kreatif di Kabupaten Merauke. Peserta sosialisasi merupakan perwakilan dari instansi terkait, RKB Telkom, kelurahan dan sejumlah UKM.

Dibaca 66 kali

Tinggalkan Komentar

Yang bertanda bintang (*) wajib diisi. Kode HTML tidak diijinkan.